BPJS Ketenagakerjaan Tanggung Biaya Pengobatan Kecelakaan Kerja Normalisasi Kali Ciliwung

:


Oleh H. A. Azwar, Senin, 17 Oktober 2016 | 09:03 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 913


Jakarta, InfoPublik - Muaf Jaelani (25) merupakan salah satu pekerja pada sektor Jasa Konstruksi dari perusahaan PT Adhi Karya yang bertugas sebagai pekerja di proyek normalisasi Kali Ciliwung wilayah Tebet.

Muaf mengalami kecelakaan kerja saat hendak mengarahkan paku bumi yang diangkat menggunakan Crane untuk ditanam di area yang ditentukan. Malang menimpa Muaf ketika kabel tali pengangkut paku bumi putus dari Crane yang kemudian jatuh menimpa Muaf dengan posisi kaki kanan tertimpa paku bumi. Akibat kejadian ini Muaf kehilangan kaki kanannya yang putus akibat tertimpa paku bumi di lokasi kejadian.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menyatakan, bahwa yang bersangkutan merupakan salah satu pekerja yang terdaftar dalam program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di Kantor Cabang Salemba.

Oleh karenanya, seluruh biaya pengobatan, perawatan hingga santunan cacat akan ditanggung dan dibayarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

ini adalah hak pekerja yang mengalami musibah, BPJSTK hanya menunaikan tugas dan tanggung jawab dalam memenuhi hak peserta. Kami pastikan seluruh biaya yang timbul untuk kesembuhan saudara Muaf akan kami tanggung sampai yang bersangkutan pulih, dan untuk cacat yang dialami juga akan kami berikan santunan sesuai ketentuan yang ada, kata Agus, di Jakarta, Senin (17/10).

Program JKK dari BPJS Ketenagakerjaan sangat penting dalam mengalihkan risiko kerja  yang dapat menimpa siapa saja, agar perusahaan ataupun pekerja tidak terbebani biaya yang timbul jika pekerja mengalami kecelakaan saat bekerja.

Perlindungan atas risiko pekerjaan memang sangat penting, namun kami tetap berharap kejadian kecelakaan kerja bisa dihindari dengan menaati prosedur keselematan kerja yang berlaku agar tidak ada pekerja yang sampai mengalami musibah dalam menjalani aktifitas pekerjaannya, tukas Agus.