Pengawasan Ekstra Pelaksanaan Dana BOS Cegah Penyimpangan

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Jumat, 14 Oktober 2016 | 18:38 WIB - Redaktur: Tobari - 390


Sumenep, InfoPublik -  Dalam upaya mengantisipasi penyimpangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep mengintensifkan kinerja para Pengawas di masing-masing Kecamatan untuk turun langsung ke masing-masing sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Drs. H. Ach. Shadik. M.Si mengungkapkan sebagai pelaksana program wajib belajar, setiap lembaga perlu melaksanakan dana BOS yang merupakan program pemerintah untuk penyediaan biaya bagi setiap lembaga pendidikan yang ada.

“Karena itu, penggunaan dana BOS perlu mendapatkan pengawasan ekstra guna mengantisipasi adanya penyimpangan.” ungkapnya.

Salah satu upaya antisipasi penyimpangan penggunaan dana BOS yang dilakukan para pengawas di semua lembaga pendidikan di Kabupaten Sumenep sudah dibekali pembinaan khusus, sehingga selain turun sebagai supervisor akademis juga sebagai supervisor manajerial.

Disamping itu, monitoring peningkatan mutu pendidikan akademik sekolah juga dilakukan dengan memeriksa penggunaan dana BOS di masing-masing Kecamatan, dan untuk pengawasan penggunaan dana BOS tingkat SD dilakukan pengawas di masing-masing UPT Kecamatan, sedangkan di tingkat SMP/SMA melalui pengawas pendidikan Menengah di Dinas Pendidikan.

“Kami sudah mengintruksikan kepada Kepala UPT agar terus memantau penggunaan dana BOS, bahkan ada tim manajemen BOS yang turun langsung ke sekolah-sekolah, sehingga penyelewengan dana BOS bisa diminimalisir.” katanya. (Ren/Fer/toeb )