Jemaah Haji Kabupaten Enrekang Tiba

:


Oleh Admin MC Enrekang, Jumat, 14 Oktober 2016 | 15:09 WIB - Redaktur: Tobari - 424


Enrekang, InfoPublik - Rombongan jemaah haji Kabupaten Enrekang yang tergabung dalam kloter 24 Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar, telah tiba dengan selamat di Kabupaten Enrekang, Kamis (13/10) malam.  

Dari 150 calon jemaah haji Enrekang yang diberangkatkan dan tergabung dalam kloter 24 Embarkasi Sultan Hasanuddin. Jemaah haji yang tiba kembali di Enrekang sebanyak 143 orang karena dua jemaah meninggal dunia di Mekkah, dan lima orang masih dirawat di Rumah Sakit Wahidin, Makassar. 

Dalam sambutannya, Bupati Enrekang H. Muslimin Bando mengungkapkan rasa suka cita menyambut jemaah haji, namun di lain sisi, ia juga turut berduka karena ada dua jemaah haji asal Enrekang meninggal di Tanah Suci.

"Selamat datang kembali wahai saudaraku semua, setelah melalui pengorbanan penuh perjuangan memenuhi panggilan berhaji, satu harapan menjadi haji yang mabrur, amien," kata H. Muslimin Bando di tengah kegembiraan dan keharuan para keluarga jemaah haji yang ikut menyambut.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, rombongan jemaah haji tidak lagi diterima di aula kantor bupati, seluruh jemaah haji diterima oleh pemerintah daerah terbuka di Lapangan Abu Bakar Lambogo Batili Enrekang.

Meski penjagaan sudah diperbanyak, namun masih ada saja insiden kecil terjadi, dimana keluarga jemaah haji yang menerobos ke dalam kerumunan mengakibatkan padatnya penjemput membuat suasana menjadi berdesak-desakan, suasana tak terkendali mengakibatkan dua jemaah haji pingsan. 

"Tak bisa dikendalikan. Karena memang antara jemaah dan keluarga penjemput jemaah hanya dibatasi pagar betis aparat. Mungkin mereka tak sabar untuk melepas rasa rindu," ujar Koordinator Satpol PP yang bertugas, Suardi sambil tersenyum. (McEnrekang/toeb)