Jebolnya Sungai Di Desa Sendir Sudah Dilakukan Perbaikan

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Kamis, 13 Oktober 2016 | 17:06 WIB - Redaktur: Tobari - 405


Sumenep, InfoPublik -  Kejadian jebolnya Sungai di Desa Sendir Kecamatan Lenteng, karena debit hujan yang sangat tinggi dalam beberapa hari lalu, membuat leading sector terkait terus berupaya untuk melakukan perbaikan agar air sungai tersebut tidak lagi menggenangi sawah-sawah di sekitarnya.

Kepala Dinas PU Pengairan Kabupaten Sumenep Ir. Heri Susanto, M.Si kepada wartawan, Kamis (13/10), pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep juga turut bekerjasama dalam menangani jebolnya sungai yang mengairi sekitar seribu hektar tersebut.

Meskipun sebenarnya, kewenangan Sungai di Desa Sendir merupakan bagian UPT Balai Besar Sungai Madura di Kabupaten Pamekasan.

“Karena jebolnya air sungai di Desa Sendir yang merupakan saluran pembuangan daerah irigasi Jepun, maka kami bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Sumenep dan UPT Balai Sungai Madura untuk menanggulangi persoalan tersebut.”ungkapnya.

Dikatakan, penanganan dan perbaikan sungai Jepun secara teknis memang dilakukan Dinas PU Pengairan Kabupaten Sumenep sedangkan biayanya dari dana tanggap darurat penanggulangan bencana BPBD. Dan saat ini tegas Erik panggilan akrabnya, dibantu masyarakat sudah mulai dikerjakan.

Menurut Erik, Tim Teknis bersama BPBD setelah kejadian langsung ke lapangan dan sudah dibuat desain serta langsung dikerjakan seperti membuat bronjong karung bantuan dari UPT Balai Besar Sungai Madura yang dibantu masyarakat setempat.

“Semoga kejadian serupa tidak terjadi di kemudian hari, dan kami juga memiliki rencana kedepan untuk melakukan pengerukan dengan normalisasi sungai tersebut agar air tidak sampai meluap,” katanya. ( Ren/Fer/toeb )