Pertumbuhan Ekonomi Lewat Pertanian dan Perbatasan

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Kamis, 13 Oktober 2016 | 10:39 WIB - Redaktur: Kusnadi - 696


Merauke, InfoPublik – Pertumbuhan ekonomi lewat pertanian dan perbatasan merupakan dua sasaran strategis yang akan dicapai dalam 5 tahun ke depan sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati Merauke Frederikus Gebze-Sularso yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dimana Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) itu telah diajukan ke DPRD Merauke untuk dibahas dan ditetapkan menjadi Perda.

‘’Selain pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, dua sasaran strategis itu yang akan dicapai selama lima tahun ke depan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Merauke,’’ kata Kepala Bappeda Kabupaten Merauke Ir. Daswil Bakar, MMT, kepada wartawan di Merauke, Selasa (12/10).

Dijelaskan, RPJM merupakan buku suci yang harus menjadi pedoman bagi SKPD dalam menjabarkan visi misi bupati untuk mencapai sasaran dalam 5 tahun ke depan.

‘’Kalau RPJM ini sudah ditetapkan, maka SKPD kemudian  akan dituangkan dalam rencana kerja strategis (Renstra) SKPD sesuai dengan fungsi dan tupoksi masing-masing mulai dari tahun pertama sampai dengan tahun kelima. Artinya,     SKPD tidak boleh keluar dari Renstra yang sudah dibuat tersebut, kecuali jika ada hal-hal yang mendesak misalnya karena bencana atau force mayor,’’ katanya.

 Karena menjadi  buku suci, maka penyusunan dan pembahasan APBD 2017 mendatang akan berpatokan pada RPJM 2016-2021 tersebut.

Ditambahkan, proses penyusunan RPJM ini telah melalui proses dan tahapan sesuai dengan aturan yang ada.

‘’Kita sudah serahkan ke DPRD Merauke yang rencananya akan dibahas bersamaan dengan APBD Perubahan 2016. Namun masih ditunda pembahasannya oleh Dewan karena masih ada berbagai masukan  untuk penyempurnaan dari Raperda RPJM tersebut. Mudah-mudahan ini bisa segera disidangkan dan ditetapkan menjadi sebuah Perda,’’  tambahnya. (02/McMrk/Abd/Kus)