Kota Bandung Lagi-lagi Dilirik Investor Asing

:


Oleh MC Kota Bandung, Senin, 10 Oktober 2016 | 18:42 WIB - Redaktur: Tobari - 610


Bandung , InfoPublik - Kota Bandung dipandang seksi oleh para investor, baik dari dalam maupun luar negeri. Perkembangan pembangunan yang progresif serta kualitas hidup yang lebih baik mengundang orang-orang untuk beramai-ramai berinvestasi di ibu kota Jawa Barat ini.

Hadir di Bandung Command Center, Senin (10/10), para investor dari Amerika Serikat menemui Walikota Bandung M. Ridwan Kamil. Kedatangan para investor tersebut untuk membuka peluang investasi di kota ini.

“Banyak sekali investor-investor datang ke Bandung. Yang ini akan investasi membuat apps yang dibutuhkan dunia tapi ingin SDM (sumber daya manusia)-nya dari Bandung,” terang Ridwan saat ditemui usai pertemuan.

Investasi dalam bidang teknologi ini bukan yang pertama kali di Kota Bandung. Sebelumnya, Ridwan mengatakan, telah ada dua investor teknologi lain yang juga tertarik untuk mengembangkan bisnisnya di sini.

“Kami sudah ada kerjasama dengan Apple untuk membangun start up workshop di Bandung,” terang Ridwan. Saat ini, start up workshop tersebut ditempatkan di Institut Teknologi Bandung. Selain itu, ada pula Microsoft yang juga tengah menjalankan kerja sama serupa dengan Kota Bandung.

Para tamu yang datang merupakan venture capital yang akan mendanai bisnis start up di Indonesia. Mereka adalah Everardo Ruiz, Mas Kubo, Brandon Fleming, dan Gheorghe Velscov yang merupakan pakar berpengalaman dalam hal venture capital.

Menurut mereka, bisnis start up berbasis teknologi akan memberikan peluang bagi orang-orang kreatif untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Produk yang dihasilkan merupakan karya-karya inovatif yang dibutuhkan oleh dunia saat ini. Bagi mereka, dukungan terhadap karya-karya inovasi ini akan membuat dunia ini jauh lebih baik.

Hal tersebut disambut baik oleh Ridwan. Ia pun akan menindaklanjuti kerja sama tersebut dengan menghubungkan para investor tersebut dengan pihak Pemerintah Kota Bandung sehingga ide besar tersebut dapat segera terealisasi.

"Kami pun melihat peluang tersebut. Oleh karena itu saya sejak awal menjabat ingin membuat Kota Bandung ini sebagai pusat pertumbuhan inovasi di Indonesia," kata dia.

Rencana ke depan, para investor tersebut akan dapat beroperasi dalam bentuk sebuah perusahaan yang berkantor di Bandung. Insya Allah mereka akan buka kantor di Bandung dan mempekerjakan anak-anak canggih Bandung untuk memproduksi software-software yang dibutuhkan dunia yang makin lama makin kompleks dan rumit.

Ia pun bersyukur atas kepercayaan yang dibawa para inverstor tersebut terhadap Kota Bandung. “Kehadiran mereka ke sini menujukkan bahwa mereka sangat yakin akan SDM Bandung,” terangnya. (MC Bandung/toeb)