Bone Bolango, InfoPublik - Sebanyak 467 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Kecamatan Bone, menerima dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk triwulan III tahun 2016.

Bantuan PKH ini diserahkan secara simbolis Staf Ahli Bupati Bone Bolango Bidang Kerjasama Kelembagaan Sugondo Makmur, S.Pd, MH, di Kantor Camat Bone, Senin (10/10).

Staf Ahli Bupati Bidang Kerjasama Kelembagaan, Sugondo Makmur mengatakan untuk Kecamatan Bone sebenarnya penerima PKH sebelumnya berjumlah 318 RTSM.

Namun pada tahun 2016 ini mendapatkan kuota tambahan sejumlah 149 RTSM. “Dengan demikian untuk Kecamatan Bone saat ini penerima PKH totalnya berjumlah 467 RTSM,” katanya di hadapan RTSM penerima PKH setempat.

Menurutnya, dari 467 RTSM penerima bantuan PKH ini, dana yang diterimakan setiap RTSM masing-masing berbeda. Paling tinggi bantuan PKH yang diterima setiap RTSM Rp1,2 juta dan terendah Rp750.000.

Sugondo Makmur menjelaskan bahwa bantuan PKH ini, merupakan bantuan tunai bersyarat dari pemerintah bagi rumah tangga sangat miskin. ”Bantuan tersebut khusus dalam rangka untuk menunjang biaya pendidikan anak dan biaya berobat anggota keluarga rumah tangga si penerima bantuan,” jelasnya.

Untuk itu, Sugondo meminta dan berharap kepada penerima bantuan PKH agar memanfaatkan bantuan tersebut sesuai peruntukkannya. Jangan sampai bantuan PKH ini dimanfaatkan dan digunakan hanya untuk kepentingan pribadi, bukan menyentuh pendidikan maupun biaya berobat anggota keluarga.

Lebih lanjut, Sugondo menambahkan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango dibawah kepimpinan Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone (HAK) senantiasa akan terus menerus memperjuangkan kesinambungan program PKH tersebut.

”Bilamana ada KK atau warga yang tergolong dalam RTSM yang belum tercover segera menyampaikan ke pemerintah daerah melalui pemerintah setempat untuk diperjuangkan agar bisa mendapatkan PKH,” ujar Sugondo Makmur.

Disisi lain, kepada penerima bantuan PKH setempat Sugondo Makmur berharap pula dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo yang akan digelar serentak pada tanggal 15 Februari 2017 nanti, masyarakat diminta berpartisipasi aktif dan ikut serta di dalam pesta demokrasi tersebut.

Caranya dengan senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan jangan lupa menggunakan hak pilih dan mencoblos pada tanggal 15 Februari 2017.

“Gunakan hak pilih bapak dan ibu dengan sebaik-baiknya, jangan Golput,” kata Sugondo Makmur yang juga mantan Ketua KPU Bone Bolango ini. (MC. Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)