Kota Bandung Dan Petaling Jaya Jadi Sister City

:


Oleh MC Kota Bandung, Senin, 10 Oktober 2016 | 09:37 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 339


Bandung, InfoPublik - Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil dan Wali Kota Petaling Jaya, Malaysia, Mohamad Azizi bin Mohamad Zain menandatangani prasasti sebagai pertanda peresmian Tugu Sister City Bandung-Petaling Jaya di Persimpangan Jalan Aceh-Wastukancana, Minggu (9/10). Peresmian tugu tersebut merupakan simbolis dari kerja sama bilateral antara kedua kota tersebut yang telah dimulai sejak November tahun lalu.

Ridwan Kamil mengatakan, tugu Sister City di Petaling Jaya sendiri sudah diresmikan lebih dulu tahun lalu yang berlokasi di Halaman Kantor Wali Kota Petaling Jaya. Kerja sama yang dilakukan antara kedua negara tersebut meliputi berbagai sektor, salah satunya adalah peresmian Little Bandung di Petaling Jaya yang dilaksanakan 4 dan 5 Oktober lalu.

“Ini mutual understanding, mutual benefit. Wali Kota Petaling Jaya juga tertarik mengirimkan pegawainya untuk belajar smart city,” ungkap Ridwan.

Direncanakan, Wali Kota Petaling Jaya akan mengirimkan pegawainya untuk mempelajari smart city di Kota Bandung selama 1-2 minggu. Hal ini dilakukan juga sebagai tindak lanjut instruksi dari Negara Bagian Selangor yang ingin mewujudkan “Smart Selangor” di Malaysia.

“Tentunya, kami tidak ada masalah. Semakin banyak yang kerjasama, semakin menunjukan bahwa Bandung memang banyak mendapat hubungan internasional yang baik,” tutur Ridwan di Balai Kota Bandung.

Smart city di Kota Bandung dinilai sudah sangat baik oleh Mohamad Azizi. Terlebih setelah ia mengunjungi Bandung Command Center di Balai Kota Bandung. Diharapkannya, pegawai yang kelak akan mempelajari tentang smart city bias mendapat bimbingan dari Pemerintah Kota Bandung.

Selain kerja sama smart city, Kota Petaling Jaya juga akan memiliki sentra khusus di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandung. Sebagaimana Kota Bandung yang telah meresmikan Little Bandung di Paradigm Mall Malaysia, Petaling Jaya juga akan memiliki ‘PJ Kita’ di Paris van Java Mall, Bandung. PJ Kita akan berisi tentang sejarah, program, serta segala hal yang perlu masyrakat ketahui tentang Petaling Jaya, Malaysia.

“Di Petaling Jaya juga ada Little Bandung dan di Bandung akan ada PJ Kita kios. Warga Bandung dapat melihat apa yang terdapat disana melalui kios di Paris van Java. Itu bukan produk saja tetapi ada sejarah tentang Petaling Jaya dan program yang dimiliki komunitas di sana,” jelas Mohamad Azizi

Selain peresmian Tugu Sister City Bandung-Petaling Jaya, dilakukan pula penandatanganan Memorandum of Action (MoA) antara Pemerintah Kota Bandung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan, Arif Prasetya dan Kota Petaling Jaya yang diwakili oleh The Landscape Department of Petaling Jaya City Council, Zuraidah binti Sainan. Penandatanganan tersebut disaksikan pula oleh kedua wali kota, bertempat di Ruang Tengah Balai Kota Bandung.(MC.Kota Bandung/Eyv)