Dinas PMPKUKM Jajaki Pemasaran Produk UMKM Batam Di Singapura

:


Oleh MC Kota Batam, Rabu, 5 Oktober 2016 | 10:54 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 296


Batam, InfoPublik  - Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMPKUKM) Kota Batam akan memfasilitasi usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk masukkan produknya ke Singapura.

"Kita akan coba fasilitasi agar produk UMKM Batam bisa dijual di negara tetangga. Oktober ini kita akan ke Dubes di sana. Sifatnya bertahap, awal ini 4-5 produk dulu," kata Kepala Dinas PMPKUKM, Pebrialin, Selasa (4/10).

Menurutnya saat ini produk UMKM Batam ada yang sudah terjual di negara tetangga. Namun tidak memakai merk sendiri, melainkan diganti dengan merk lokal Singapura. Contohnya yakni produk bawang goreng yang dibuat UMKM Batam.

"Sekarang kita memang sudah ada ekspor, tapi sampai sana ganti merk. Kita berharap bisa dijual dengan merk mereka. Mudah-mudahan ada jalan keluar untuk itu," ujarnya.

Oleh karena itu, dalam masa penjajakan ini, Pemerintah Kota Batam akan terlebih dulu mengumpulkan informasi persyaratan ekspor ke Singapura. Sehingga produk UMKM Batam memungkinkan masuk ke sana dengan melengkapi persyaratannya.

Saat ini Dinas PMPKUKM sedang mengumpulkan UMKM yang produknya diperkirakan layak jual di pasar Singapura. Selain makanan atau kuliner, produk lain yang memungkinkan dibawa adalah kerajinan, dan pakaian."Kita ingin memgetahui pasarnya dulu apa yang memungkinkan," kata dia. (MC Batam Kartika/Eyv)