Kunjungi Kecamatan Bone, Kapolda Gorontalo Disambut Adat Mopotilolo

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Rabu, 5 Oktober 2016 | 09:07 WIB - Redaktur: Kusnadi - 664


Bone Bolango, InfoPublik – Sejak pagi pemerintah kecamatan, aparat desa dan warga di Kecamatan Bone memadati halaman Rumah Dinas (Rudis) Camat Bone. Selain itu, ada juga masyarakat lainnya nampak memadati sepanjang jalan tepat di depan lapangan Desa Taludaa maupun Rudis camat setempat.

Tidak hanya itu, terlihat juga puluhan Polisi dan sejumlah siswa SD mengenakan seragam putih merah dan siswa SMP mengenakan seragam putih biru, berhadap-hadapan di setiap sisi jalan pembuka. 

Di tengah-tengah mereka, nampak para penyelenggara adat yang akan melaksanakan penyambutan adat Mopotilolo kepada Kapolda Gorontalo  Brigjen Pol Drs. Hengkie Kaluara, Selasa (4/10).

Penyelenggaraan atau penyambutan adat mopotilolo memang merupakan tradisi rakyat Gorontalo untuk menyambut dan menandai kali pertama kunjungan pemimpin atau khalifah maupun para kepala daerah di wilayah kecamatan. Budaya ini telah berlangsung lama sejak dahulu kala.

Dalam kunjungan perdananya di Kecamatan Bone tersebut, Kapolda Gorontalo  Brigjen Pol Hengkie Kaluara didampingi langsung Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Kapolres Bone Bolango AKBP Wahyu Tri Cahyono, S.IK

Plt. Kepala Bagian Humas dan Kominfo Setda Kabupaten Bone Bolango, Rizal A. Djunaid, S.STP mengatakan, kunjungan Kapolda Gorontalo yang didampingi langsung Bupati Bone Bolango dan Kapolres Bone Bolango, ini merupakan kunjungan dalam rangkaian pengresmian Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Kecamatan Bone.

Selanjutnya, penandatanganan MoU kawasan aman gangguan Kamtibmas antara Bupati Bone Bolango dan Kapolres Bone Bolango, dan Launching system pelayanan terpadu terintegrasi antara Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Polres Bone Bolango dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bone Bolango di Kecamatan Bone

“Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Bone ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan pemerintah kecamatan dan desa setempat. Ini dibuktikan dengan banyaknya dan antusiasnya masyarakat untuk datang ke lokasi pelaksanaan kegiatan,”ujar Rizal Djunaid. (MC. Bone Bolango/Hms/Kadir/Kus).