FKG Unair Gelar Periksa Gigi Gratis Untuk Siswa SD

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 4 Oktober 2016 | 20:28 WIB - Redaktur: Tobari - 809


Surabaya, InfoPublik - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (Unair) mengajak siswa sekolah dasar (SD) untuk merawat gigi sejak dini. Sejumlah dokter gigi muda Unair bersama sebanyak 60 siswa SD menyemarakkan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) tahun 2016.

Beberapa acara dalam rangkaian BKGN di antaranya gosok dan periksa gigi pada empat sekolah dasar binaan dan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil di Puskesmas Mulyosari.

BKGN merupakan acara rutin tahunan hasil kerjasama antara Persatuan Dokter Gigi Nasional (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI). Kegiatan ini diselenggarakan di 21 FKG di seluruh Indonesia, salah satunya FKG Unair.

Ketua Panitia BKGN FKG Unair Desiana Raditya mengatakan, untuk mewujudkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat, harus dimulai dari unit terkecil yaitu keluarga. Tahun ini, pihaknya akan memberikan pelayanan kesehatan kepada anggota keluarga sesuai dengan tema yang diusung yakni “Mewujudkan Kesehatan Gigi dan Mulut Keluarga”.

“Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para dosen FKG Unair, ada laporan yang menunjukkan bahwa peran keluarga, terutama sekali perilaku ibu sangat berpengaruh terhadap cara anak menjaga kesehatannya. Kita tidak bisa hanya mengajari anak, tapi juga dimulai dari orang-orang terdekatnya yaitu keluarga,” tutur Desiana, Selasa (4/10).

Lebih lanjut, ia menjelaskan kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi ibu hamil juga sangat penting. Status kesehatan rongga mulut bisa berpengaruh terhadap kehamilan. Bahkan terdapat temuan bahwa status periodontal ibu hamil berpengaruh terhadap kejadian preeklampsia.

“Ibu hamil adalah starter-nya keluarga. Kita usahakan sedini mungkin kita berikan pemahaman yang baik tentang kesehatan rongga mulut terhadap calon bayinya,” tutur dokter spesialis penyakit mulut itu.

Friska, siswa Sekolah Dasar Negeri Rangkah VI Kota Surabaya terlihat seksama dan serius saat mendengarkan penjelasan dokter. Menurutnya, pengetahuan tersebut cukup berharga untuk dipraktikkan di rumah.

“Senang (tadi diajari). Biasanya cuma digosok aja (kanan kiri), dan nggak ada kotorannya. Tapi, tadi pas gosok gigi di depan, kotorannya rontok semua,” tuturnya.

Setelah menggosok gigi, para siswa diajak untuk memeriksakan gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unair. Sesuai jadwal BKGN akan berlangsung pada tanggal 3 - 5 Oktober 2016. Tahun ini, RSGM Unair menargetkan akan memberikan pelayanan kepada 1.000 orang pengunjung. Selain itu, FKG Unair telah mempersiapkan 140 dokter gigi untuk memberikan pelayanan. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-luk/toeb)