SMAN 3 Padang Kini Miliki Gedung Pusat Kajian Islam, Surau Nurul Ilmi

:


Oleh MC Kota Padang, Selasa, 4 Oktober 2016 | 17:17 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Padang, InfoPublik - SMA Negeri 3 Padang kini telah memiliki fasilitas baru, yakni gedung Pusat Kajian Islam, Surau Nurul Ilmi, yang pengoperasiannya akan diresmikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Walikota Padang H. Mahyeldi pada hari Minggu (9/10). Semoga fasilitas kegiatan islami ini bernilai ibadah dari Allah Swt.

Menurut  Kepala SMAN 3 Padang Drs. Ramadhansyah, Selasa (4/10), mengembangkan layanan atas 5 potensi peserta didiknya, yakni spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan jasmani. Dan melakukan upaya terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dengan sebutan ekskul suraunya.

 Ekskul kearifan budaya lokal ini, melaksanakan tahfidz Al Qur’an, azan, serta mampu menjadi imam, menyelenggarakan sholat jenazah, memberi khutbah, tausiah, ceramah, dan mampu memimpin do’a, debat ilmiah ala surau. 

Kepandaian dasar perempuan (padusi) Minang, randai, dan kewirausahaan dan sebagai bentuk untuk mewujudkan hal ini , maka sekolah melengkapi sarana beribadah seperti Masjid dan Islamic Centre serta perpustakaan kerohanian, ucap Ramadhansyah.

Selain itu, ia juga menjelaskan, bahwa  semua ruang belajar di SMAN 3 Padang telah dilengkapi dengan alat penunjang yang mumpuni seperti infocus dan sebagainya,  karena proses pembelajaran di sekolah telah berbasis komputer .

Bahasa Inggris sudah menjadi kelas yang wajib diikuti oleh seluruh siswa, dimaksudkan untuk menjawab tantangan dan persaingan yang  besar dan ketat di era globalisasi .

Kemudian, kualitas dan mutu pendidikan sangat bergantung kepada minat membaca dan dunia pustaka, dengan gerakan literasi sekolah dalam hal membiasakan peserta didik membaca dan menulis dari kebiasaan ragam tutur melalui pemberdayaan perpustakaan, memiliki peran besar dalam membina, membiasakan dan memfasilitasi peserta didik agar minat membaca tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu. (MC Padang/Irwandi Rais/toeb)