Wabup Sergai Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Selasa, 4 Oktober 2016 | 14:37 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 429


Serdang Bedagai, InfoPublik - Jajaran Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (PNS Pemkab Sergai) Senin, (3/10) mengikuti upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila bertempat di halaman Kantor Bupati Sei Rampah.

Dalam upacara hari kesaktian pancasila yang mengusung tema “Kerja Nyata untuk Kemajuan Bangsa sebagai Wujud Pengalaman Pancasila” dan bertindak selaku Inspektur Wabup Darma Wijaya dengan Komandan Upacara (Danup) Kakan Kesbangpolinmas Drs. Purba Siregar serta Perwira Upacara (Paup) Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, MSi.

Upacara  yang berlangsung dengan khitmad, turut dihadiri Sekdakab Drs. Hadi Winarno MM, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD dan Camat se-Sergai serta ratusan PNS Pemkab Sergai.

Momen yang diperingati setiap tahun ini ditandai dengan pembacaan teks Pancasila oleh Irup Wabup Sergai yang diikuti  peserta upacara, dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Naskah Ikrar.

Usai upacara Hari Kesaktian Pancasila, Wabup Sergai Darma Wijaya mengatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini adalah milik seluruh bangsa Indonesia,nilai-nilai yang terkandung di dalamnya agar benar-benar dihayati dan diamalkan, sehingga menjadi kekuatan untuk menghadapi tantangan, hambatan, gangguan dan ancaman yang dapat merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu diharapkan peringatan ini sebagai refleksi tentang makna nilai-nilai dan kesaktian Pancasila.

Peringatan yang mengusung tema “Kerja Nyata untuk Kemajuan Bangsa sebagai Wujud Pengalaman Pancasila” merupakan hal penting bagi generasi muda agar tidak melupakan sejarah serta memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangga kepada Bangsa Indonesia.     

Pancasila sebagai dasar negara untuk itu jadikan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang mengatur segala aspek kehidupan masyarakat. Oleh karenanya Wabup Sergai juga berpesan kepada ASN sebagai generasi penerus bangsa agar terus menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai energi untuk membangun jati diri bangsa.

Pada kesempatan yang sama, Wabup Sergai, Darma Wijaya memberikan obat Filariasis secara simbolis dalam rangka Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga).(MC.Dishubkominfo Kab.Serdang Bedagai/Eyv)