Perajin Recycle Berbahan Bumbu dan Kerang

:


Oleh MC Kota Singkawang, Selasa, 4 Oktober 2016 | 15:51 WIB - Redaktur: Tobari - 439


Singkawang, InfoPublik - Bagi kebanyakan orang, limbah rumah tangga seperti kulit bawang dan kulit pisang tidak berarti apa-apa dan hanya dibuang begitu saja, tapi tidak bagi Pendi, warga Kampung Baru Sekip Lama, Singkawang Tengah.

Pendi yang memulai mengkreasikan barang-barang bekas sejak 2008 lalu mengumpulkan barang tidak berguna itu dan kemudian “menyulapnya” menjadi kreasi yang menarik, seperti vas bunga, keramik, lampu, bahkan menjadi kolaborsi untuk bahan interior.

Tidak hanya vas bunga, kreasi Pendi dari kulit bawang dan kulit pisang ini pernah dipakai untuk tropi juara Duta Lingkungan Hidup Kota Singkawang.

Pria yang akrab disapa Pendi Marleys ini mengatakan, asal kita telaten bisa saja dikolaborasikan dengan bahan lainnya. "Dipadu-padankan biar lebih menarik," kata Pendi kepada MC Singkawang, Selasa (4/10).

Dinas Perindagkop dan UKM serta Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Singkawang pernah menggunakan jasanya untuk mendisain kerajinan limbah rumah tangga dan bahan kreasi kerang. Karya Pendi memadukan unsur interior dengan bahan bekas menjadi etalase mini bar di Bank Kalbar Pontianak.

Galeri sederhana milik Pendi di Jalan Beringin Sekip Lama, belum bisa mematok pendapatan per bulan. Menurutnya, dia hanya membuat kreasi sesuai pesanan saja.

"Pendapatan tidak bisa dipatok, Saya membuat vas bunga atau pesanan interior sesuai pesanan saja," kata  Pendi, yang mengaku belajar seni rupa hanya secara otodidak itu.

Untuk pemasaran Pendi biasa mengikuti even pameran, ada juga sebagian yang terpajang di dekranasda Singkawang. Selain itu Pendi memajang foto karyanya di media sosial Facebook dan instagram : Pendi Marley. "Kalau ada yang mau pesan boleh lewat FB dan IG, atau ke nomor saya  085245890992," ujar Pendi. (MC/HR/toeb)