Dandim 0404/Muara Enim Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

:


Oleh Mc muara Enim Asep Tatang R, Senin, 3 Oktober 2016 | 17:45 WIB - Redaktur: Tobari - 558


Muara Enim, InfoPublik - Komandan Kodim   Letkol. Inf Djamaludin  memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Merdeka, Muara Enim, Senin (3/10).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan moral nilai kebangsaan di hati seluruh masyarakat Indonesia bahwasanya Pancasila, sebagai ideologi negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun di Bumi Pertiwi.

Hari Kesaktian Pascasila berawal dari  peristiwa 30 September 1965, di mana enam Jenderal senior dan beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta yang dilakukan oleh para pengawal istana (Cakrabirawa) yang dianggap loyal kepada PKI.

Peristiwa bersejarah ini merupakan masa kelam yang terjadi terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia, sehingga tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Sementara itu Sekretaris Daerah Muara Enim Ir. Hasanudin membacakan tesk Undang-Undang Dasar 1945, dan bertindak selaku komandan upacara Kapten Kav. Haris.

Upacara peringatan berlangsung sederhana dan penuh hikmat dan dihadiri oleh forum pimpinan daerah, para Asisten dan staf ahli Pemkab Muara Enim, Kepala Dinas/ Instansi, anggota TNI/Polri serta segenap pegawai aparatur sipil negara lingkup Pemkab Muara Enim serta perwakilan siswa-siswi pelajar. (mcmuaraenim/toeb)