Pembukaan Perkemahan Pramuka Madrasah Sergai Tahun 2016

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Senin, 3 Oktober 2016 | 10:16 WIB - Redaktur: Kusnadi - 984


Sergai, InfoPublik –  Sekitar 2.392 pramuka dari 125 Madrasah se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ikut ambil bagian dalam acara pembukaan Perkemahan Pramuka Madrasah (PPM) Tahun 2016 di Lapangan Bisnis Center Pekan Dolok Masihul ,Kecamatan Dolok Masihul, Jum’at (30/9) sore.

Turut hadir Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabicab) Gerakan Pramuka Sergai, Kakan Kemenag H. David Saragih, perwakilan Kwarcab Gerakan Pramuka, unsur Muspika, Kepala MI/MTs/MA, para andalan cabang dan ranting, pembina serta para peserta yang terdiri dari unsur Siaga, Penggalang dan Penegak Gerakan Pramuka Madrasah se-Sergai.

Mengawali sambutannya Wabup menyampaikan apresiasi kepada Kantor Kementerian Agama Sergai dan seluruh pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan berharap kiranya menjadi program yang berkelanjutan serta hilangnyA dikhotomi pengkotak-kotakkan antara pramuka sekolah dan pramuka madrasah.

“Mari sepakati di sini bahwa pramuka adalah milik kita bersama yang kegiatannya ada di Kwartir dan Gugus Depan,” ajak Wabup.

Wabup juga menyampaikan, dengan kegiatan PPM ini, hal positif yang dapat diperoleh para Pramuka selain untuk mempererat silaturahmi, persatuan dan persaudaraan, juga menambah pengalaman dan wawasan, wahana menunjukkan prestasi, wadah bertukar informasi dan pengalaman, tempat mengaplikasikan kegiatan di Gugus Depan.

“Tanamkan jiwa semangat dan sportif didalam diri setiap Pramuka”, ujar Wabup.

Mengakhiri sambutannya Darma Wijaya mengimbau kepada semua unsur Pramuka dari tingkat andalan, pembina gugus depan maupun Muspika selaku Majelis Pembimbing Ranting serta kepala sekolah/madrasah agar bersama mendukung generasi penerus bangsa ini untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif melalui gerakan Pramuka sehingga mereka dapat berkreasi, berinovasi secara berkelanjutan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Pada kesempatan yang sama Kakan Kemenag Sergai H. David Saragih dalam sambutannya menyampaikan PPM merupakan pembekalan pengetahuan dan keterampilan potensial Gerakan Pramuka serta rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak.

Disamping itu juga sebagai sarana pembinaan pramuka yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan agar memiliki kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras guna mendorong  kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa.

Sebelumnya Asnawi selaku Panitia dalam laporannya menyampaikan kegiatan PPM Tahun 2016 yang mengambil tema “Madrasahku Pilihanku, Madrasahku Prestasiku, Bersatu Padu Membangun Masa Depan Yang Gemilang, Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia” ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai sejak 30 September - 2 Oktober 2016.

Kegiatan PPM ini akan diisi dengan perkemahan, pioneering, pawai obor serta berbagai perlombaan dengan kategori Giat Tekpram, Giat Prestasi, Giat Partisipasi dan Giat Pribadi antara lain baris-berbaris, tilawah Al-Qur’an, tahfidz, adzan, pidato, khutbah jum’at serta diakhiri dengan acara puncak Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 H/2016 M.(Mc Serdang Bedagai/Febri/Kus)