Walikota Bandung Akan Hidupkan Industri Keramik Kiaracondong

:


Oleh MC Kota Bandung, Jumat, 30 September 2016 | 19:23 WIB - Redaktur: Tobari - 893


Bandung, InfoPublik - Kecamatan Kiaracondong akan memiliki primadona baru, yakni industri kerajinan keramik. Saat melakukan kegiatan Mapay Lembur ke kecamatan tersebut, Jum’at (30/9), Walikota Bandung M. Ridwan Kamil meninjau lokasi pembuatan keramik yang telah hadir di Kiaracondong selama 3 generasi.

“Tiap tempat atau kecamatan di Kota Bandung harus memiliki ciri khas tertentu, maksudnya dalam hal potensi ekonomi, nah sentra keramik turun-temurun ini jadi ciri khas Kiaracondong,” ucap Wali Kota. Menurutnya, hal ini penting untuk membentuk ciri khas kawasan.

Tahun 2017 mendatang, Ridwan akan memulai pengembangan sentra industri keramik dan destinasi wisata keramik tersebut di kawasan Kiaracondong, Kota Bandung. Ia berencana untuk menggunakan lahan milik Pemkot Bandung yang terletak di tengah-tengah wilayah Kiaracondong.

“Tanahnya kemungkinan di lokasi yang 3,5 ha atau tanah PJKA yang kosong. Kebetulan kita lihat juga ada yang kosong,” imbuhnya.

Ridwan mengemukakan bahwa industri ini memiliki potensi yang besar. Hanya saja masih memiliki kekurangan dari segi pemasaran.

“Setelah saya datangi, kurang optimal dari sisi marketing. Tapi teknik pembuatannya keren, variasi produknya keren, ada orderan dari Perancis,” kata dia. 

Untuk itu, ia akan meminta bantuan dari Kadin Kota Bandung untuk membentuk pasar khusus untuk keramik. “Nanti nitip ke Kadin untuk membuat ekosistem ekonominya, dari pembiayaan, pelatihan, sampai memasarkannya,” tambah Ridwan. (MC Bandung/toeb)