Tanam Pohon Nyamplung Untuk Selamatkan Mata Air Desa Wonokerto

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Kamis, 29 September 2016 | 16:55 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sleman, InfoPublik - Desa Wonokerto Kecamatan Turi Sleman merupakan salah satu desa di lereng Merapi yang telah menjadi penyuplai air pada khususnya di Jogja. Oleh karena itu  perlu adanya sebuah komitmen bersama untuk selalu menjaga kondisi ketahanan air di daerah ini.

Upaya yang dilakukan tersebut, mulai dari kegiatan penyelamatan lingkungan, penyelamatan sumber mata air, konservasi alam, dan penanaman pohon.

Untuk melakukan penyelamatan lingkungan di daerah Wonokerto Turi, Tomon Haryo Wirosobo sebagai Kepala Desa Wonokerto, sangat berkomitmen dengan program yang mengarah pada penyelamatan lingkungan dan sumber mata air. 

Langkah nyata yang dilaksanakan oleh Kades Tomon adalah  program “Nyamplungisai" yaitu melakukan gerakan menanam Pohon nyamplung di Wonokerto. Dan kegiatan tersebut telah  dilaksanakan  dikawasan embung kali aji Sangurejo Wonokerto, Rabu (28/9).

"Tanaman Nyamplung memiliki prospek pengembangan dan pemanfaatan lain, antara lain adalah tanaman nyamplung tumbuh dan tersebar merata secara alami di Indonesia, regenerasi tanaman sangat mudah dan berbuah sepanjang tahun menunjukkan daya survival yang paling tinggi terhadap lingkungan," kata Tomon usai melakukan gerakan penanaman pohon nyamplung.

Menurut Tomon, tanaman nyamplung relatif mudah dibudidayakan baik tanaman sejenis (Monokultur), cocok di daerah beriklim kering, permudaan alami banyak, dan berbuah sepanjang tahun. Hampir seluruh bagian tanaman nyamplung dapat dimanfaatkan dan menghasilkan bermacam produk yang memiliki nilai ekonomi. 

Penanaman simbolis dilakukan diawali dengan penyerahan bibit tanaman nyamplung dari Kepala Desa Wonokerto Tomon Haryo Wirosobo kepada Camat Turi Dra Siti Wahyu Purwaningsih bersama Balai Besar Penyelamatan Hutan Lindung.

‪Kegiatan penanaman pohon nyamplung ini diikuti pula oleh Kepala Desa se Kabupaten Sleman dalam acara kunjungan lapangan program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Masyarakat dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sleman.

‪"Komitmen budaya menanam ini telah kami laksanakan agar menjadi bagian dari semangat warga masyarakat Desa Wonokerto yang berada di kawasan bencana, sekaligus daerah tangkapan air di wilayah Jogja. Selama masih hidup di daerah Wonokerto, saya tetap akan menanam pohon sebanyak-banyak," tutur Tomon.

‪Sementara Camat Turi, Siti Wahyu Purwaningsih  menyampaikan dirinya lebih senang dengan sebutan Koordinator Pelayan Warga itu, karena ia merupakan pelayanan masyarakat Turi.

‪Siti berharap kegiatan penanaman pohon dikawasan embung kali aji ini semoga bermanfaat dan meminta masyarakat untuk menjaga kelangsungan kehidupan pohon nyamplung tersebut. Karena kawasan embung kali aji salah satunya juga dapat memberikan daya tarik bagi wisatawan diwilayah Desa Wonokerto. (***/MC Sleman/toeb)