Karang Taruna Kota Padang Tebar Bibit Ikan

:


Oleh MC Kota Padang, Rabu, 28 September 2016 | 17:38 WIB - Redaktur: Tobari - 425


Padang, InfoPublik – Karang Taruna Kota Padang melakukan penyemaian bibit ikan dalam rangka memberdayakan ikan air tawar. Aksi penyemaian bibit ikan tersebut, diinisiatori Karang Taruna Kota Padang dan memperoleh apresiasi dari Wakil Walikota Padang H. Emzalmi.

Dalam kesempatan itu, ia memberikan pembekalan kepada kader-kader Karang Taruna untuk mampu berusaha dalam hal menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta dan ekonomi produktif ke depan. Karang Taruna, disebutnya, merupakan ujung tombak dalam mendukung kesuksesan program-program pemerintah.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas sinergisitas yang diciptakan Karang Taruna beserta organisasi kepemudaan lainnya selama ini," sebut Emzalmi usai menebarkan bibit ikan di daerah Pisang Kecamatan Pauh, Rabu (28/9)

Penyemaian bibit ikan ini sangat tepat dilakukan Karang Taruna. Di samping dalam rangka memberdayakan potensi daerah, juga membantu ketersediaan ikan lele. Sehingga pengusaha kuliner yang menyediakan menu makanan seperti pecel lele tentu  terbantu dengan upaya tersebut.

"Kita berharap, penyemaian benih ikan ini terus berlanjut sampai pada tahap pembinaan hingga panen dan pasca panen. Sehingga ini menjadi suatu proses yang positif untuk dapat kita lakukan dengan serius dan berkelanjutan,” harapnya.

Ketua Karang Taruna Kota Padang, Mahdianur menyebutkan, penebaran bibit ikan ini adalah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Karang Taruna ke-56 yang jatuh pada 26 September 2016.

Di samping aksi tersebut, Karang Taruna Padang juga melakukan berbagai aksi sosial seperti goro membersihkan Pantai Padang, bedah rumah, pengobatan gratis dan masih banyak aksi sosial lainnya.

“Jadi, dengan melakukan penyemaian bibit ikan ini, kita berharap bagaimana pemuda itu bisa berdaya guna dan mandiri dalam berorganisasi. Dalam artian, organisasi itu harus mampu menciptakan siklus pola ekonomi seperti melakukan pengembangan usaha-usaha yang menjadi ekonomi produktif,” harapnya.

Penyemaian benih ikan tersebut dilakukan di 11 kecamatan dengan jumlah yang diperkirakan mencapai ratusan ribu berbagai jenis bibit ikan. Untuk tiap kecamatan ditentukan minimal satu tempat yang ditetapkan menerimanya.

“Semua bibit ikan tersebut murni bantuan dari Pemkot Padang, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Setelah bibit ini ditebar, nantinya akan dievaluasi oleh DKP guna melihat perkembangan dan apakah berdaya guna atau tidak,” katanya. (MC Padang/david/Irwandi rais/toeb)