Lahan Sawah Baru Di Agam Seluas 13 Ha Sudah Ditanami

:


Oleh MC Kab Agam, Rabu, 28 September 2016 | 14:28 WIB - Redaktur: Tobari - 517


Agam, InfoPublik - Sekitar 13 dari keseluruhan 59 hektare lahan sawah baru di Kecamatan Lubuk Basung dan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, sudah ditanami dan sisanya ditargetkan tuntas akhir Oktober 2016. 

"Saat ini, penanaman bibit padi baru seluas 13 hektare dari 59 hektare, yang dilaksanakan oleh dua kelompok tani di Kecamatan Lubuk Basung dan Tanjung Mutiara," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Agam Afdhal,  di Lubuk Basung, Selasa (27/9). 

Berdasarkan data petugas di lapangan, dari luas sawah 19 hektare lahan milik Kelompok Tani (Keltan) Bina Usaha di Jorong Siguhung, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, baru ditanami seluas 10 hektare.

Sementara lahan Kelompok Tani (Keltan) Mutiara Antokan di Jorong Muaro Putuih, Nagari Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, baru ditanami seluas tiga hektare dari luas keseluruhan 40 hektare. 

Sebagian lagi, kata dia, masih dalam proses penyemaian dan diharapkan juga segera ditanami. Penanaman benih padi ini diperkirakan selesai tertanam pada akhir Oktober 2016. 

"Kita juga memperkirakan dari 59 hektare lahan cetak sawah baru ini bisa menghasilkan 325 ton Gabah Kering Giling (GKG) dan setiap satu hektare bisa memproduksi 5,5 ton gabah." katanya. 

Sementara itu, pihaknya juga merencanakan untuk tahun 2017 akan membuka cetak sawah baru seluas 100 sampai 300 hektare. (MC Agam/toeb)