Pedagang Pasar Merjosari Akan Segera Kembali ke Pasar Dinoyo

:


Oleh MC Kota Malang, Senin, 26 September 2016 | 16:08 WIB - Redaktur: Tobari - 375


Malang, InfoPublik -  Para pedagang Pasar Dinoyo yang sebelumnya berjualan di Pasar Penampungan Merjosari, akan segera kembali ke Pasar Dinoyo yang saat ini proses pembangunannya telah selesai.

Selain itu, keputusan tersebut diambil untuk mengembalikan fungsi lahan di Merjosari yang selama dialihfungsikan menjadi tempat berjualan para pedagang.

Menindaklanjuti perpindahan para pedagang itu, Dinas Pasar Kota Malang sudah melakukan pertemuan dan rapat koordinasi dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beberapa waktu lalu, dan semua pihak sepakat jika Pasar Dinoyo harus diaktifkan kembali untuk berjualan pedagang demi terciptanya roda perekonomian yang baik.

"Beberapa hari lalu kita sudah melakukan rapat bersama unsur Forkopimda untuk prakondisi sebelum pedagang pindah ke Pasar Dinoyo," ungkap Kepala Dinas Pasar Kota Malang, Drs. Wahyu Setianto, MM, Minggu (25/9)

Sebelum bertemu dengan Forkopimda, Wahyu juga sudah mengajukan surat yang berisi permintaan pencabutan Peraturan Walikota (Perwal) tentang Penetapan Tempat Penampungan Sementara Pasar Merjosari sebagai Pasar Tradisional kepada Bagian Hukum Setda Kota Malang, untuk dasar hukum mengembalikan lahan di Merjosari sebagai permukiman dan tidak lagi dipakai untuk tempat penampungan sementara para pedagang.

"Kalau sudah ada pencabutan perda maka kawasan Pasar Merjosari saat ini akan dikembalikan seperti fungsi semula yakni permukiman," imbuhnya.

Wahyu menegaskan jika pedagang di Merjosari sudah sepakat akan segera pindah ke Pasar Dinoyo yang dijadwalkan pada bulan September ini. Dinas Pasar hingga saat ini terus melakukan sosialisasi kepada pedagang yang masih berjualan di Pasar Merjosari agar segera pindah ke Pasar Dinoyo.

Sebagai bentuk sosialisasi dan pengumuman kepada para pedagang dan konsumen, pihak Dinas Pasar memasang spanduk yang berisi pengumuman bahwa pada tanggal 30 September 2016 akan dilakukan pemagaran area pasar.

Sementara itu Walikota Malang H. Moch. Anton berharap agar perpindahan pedagang bisa segera terealisasi, sehingga nantinya memberikan dampak positif pada meningkatnya pendapatan bagi para pedagang Pasar Dinoyo.

"Pasar Dinoyo saat ini sudah selesai dibangun dan diharapkan bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat," kata Abah Anton, demikian Walikota Malang itu akrab disapa. (say/yon/toeb)