Dongkrak Kreativitas, Disperindag TangselAjari Warga Olah Kokoru

:


Oleh Prov. Banten, Senin, 26 September 2016 | 09:19 WIB - Redaktur: Kusnadi - 498


Tangsel, InfoPublik – Warga Kecamatan Serpong Utara belajar mengolah kertas kokoru dengan dibimbing kreator kokoru difasilitasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan.

Sekretaris Disperindag Malikuswari mengatakan, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam mendongkrak kreativitas warga.

“Hal ini dalam rangka peningkatan industri kreatif,” katanya, di sela pembukaan pelatihan kokoru di Remaja Kuring, Serpong, Tangsel, Kamis, (22/9) pekan lalu.

Ia melanjutkan, warga yang mayoritas ibu-ibu diajari bagaimana berkreasi dengan bahan kertas.

“Khususnya kreativitas dalam membuat kerajinan tangan. Harapannya, masyarakat lebih tahu manfaat bahan ini dan bisa lebih kreatif. Memang, mereka sudah punya dasar, sekarang ini cuma peningkatan,” papar Malikuswari.

Di tempat sama, Kepala Bidang Perindustrian pada Disperindag Kota Tangerang Selatan Ferry Payacun menambahkan, dalam pelatihan ini warga diajari membentuk kertas kokoru menjadi beragam kerajinan tangan.

“Seperti souvenir anggrek, boneka dan lain sebagainya. Karena barang ini banyak dibutuhkan dalam berbagai pesta penikahan,” katanya.

Membuat kerajinan tangan dari bahan kokoru ini masuk dalam ekononi kreatif. Sebab, kertas yang awalnya bahan biasa bisa menjadi barang bernilai dan dibutuhkan banyak orang.

“Ketika sudah diolah, harganya akan lebih tinggi dan tentu saja ini bisa menopang perekonomian warga,” paparnya.

Selain di Kecamatan Serut, Disperindag juga akan memberikan pelatihan bagi warga lain di tujuh kecamatan. Masing-masing kecamatan diberi jatah 20 orang. “Sehingga seluruhnya ada 140 orang yang akan dilatih mengolah kokoru,” imbuh Ferry.

Soal pemilihan media kokoru, dikatakan Ferry karena mudah dibentuk. Selain itu, bahannya juga mudah didapat. Mengingat kertas ini salah satu pabrik pembuatnya ada di Kota Tangsel.

“Setelah ini akan kita follow up dengan membina mereka. Mereka akan dilibatkan dalam beberapa kegiatan. Selain itu, Kemenperin juga sudah menyiapkan space (tempat, red) untuk hasil karya industri kecil Kota Tangsel,” jelasnya.(Mc Banten/Kus)