Pelajar Singkawang Rancang Inovasi Smart Transport

:


Oleh MC Kota Singkawang, Selasa, 20 September 2016 | 12:58 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 679


Singkawang, Info Publik – Pemilihan pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas se-Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika tahun 2016 diikuti oleh 28 pelajar dari 14 Kabupaten/Kota, di Hotel Dangau Kubu Raya, 13 sampai dengan 16 september lalu.

Niken Adisa Salsabila pelajar dari SMAN 1 Singkawang, baru-baru ini, menjadi yang terbaik dalam pemilihan pelajar pelopor tersebut, Dia membuat makalah dengan judul “UCU School Idola Pelajar”, makalah ilmiah yang dirancangnya adalah desain antar muka pengembangan aplikasi untuk bus sekolah berbasis anroid yang terintegrasi dengan Global Positioning System (GPS).

Ide tersebut dari hasil pegamatan Siswa kelas XI ini tentang kurangnya waktu orang tua untuk mengantar jemput anaknya ke sekolah, kurang memadainya fasilitas umum untuk berpergian dan orang tua sering kali menganggap anaknya telah mahir dalam berkendara, padahal di dalam peraturan tentang lalu lintas dan jalan raya berkendara wajib memiliki SIM.

Niken juga memaparkan pelanggaran lalu lintas di Singkawang juga didominasi oleh pelajar seperti berbelok tanpa memberikan isyarat lampu, kendaraan yang tidak layak, tidak menggunakan helm SNI dan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas.

Kepala Dinas Dishubkominfo Kota Singkawang, Sumastro mengatakan inovasi smart  transport yang dirancang ini merupakan kolaborasi antara masyarakat dengan pemerintah. Perlu masukan dari masyarakat untuk perbaikan perbaikan layanan-layanan yang diberikan.

Menurutnya banyak strategi pelayanan publik yang bisa diseleraskan dengan strategi teknologi informasi. Dishubkominfo Kota Singkawang juga membuka ruang untuk pelajar maupun masyarakat untuk menuangkan ide-ide inovasi untuk teknologi yang tepat guna.

“Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri tanpa masukan dari masyarakat, silahkan saja bagi pelajar atau masyarakat datang ke kantor kami berkolaborasi ide dan inovasi,” katanya.

Dengan menjadi yang terbaik di Kalimantan Barat, Niken akan mewakili Kalimantan Barat dalam pemilihan pelajar pelopor tingkat Nasional yang akan digelar di Jakarta 14 November mendatang. (Kom/HR/Eyv)