Dishubkominfo Kota Padang Gelar Sosialisasi dan Workshop TI

:


Oleh MC Kota Padang, Selasa, 20 September 2016 | 09:27 WIB - Redaktur: Tobari - 474


Padang, InfoPublik - Dinas Perhubungan Kominfo Kota Padang menyelenggarakan sosialisasi dan workshop teknologi informasi,  dalam rangka percepatan Smart City di Padang Kota Tercinta, dan  pelaksanaan e-Govermment,  serta  pameran teknologi Informasi (TI).

Kegiatan tersebut digelar di ruang pertemuan Bgd Aziz Chan, Padang, selama dua hari, 21-22 September 2016.

Sosialisasi dan workshop teknologi informasi  serta pameran TI, yang dilaksanakan adalah kegiatan penting demi kemajuan kinerja kita bersama di Pemko Padang. E-government adalah pemakaian atau penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain.

Atau definisi e-government yang lainnya adalah merupakan kependekan dari “elektronik pemerintah”, yang dapat dikenal e-gov, pemerintah digital, online pemerintah ataupun pemerintah transformasi, kata Kepala Dishubkominfo Kota Padang Dedi Henidal didampingi Kabid Kominfo Syuhadi, M.Kom, Selasa (20/9).

Maka dari itu, mari kita bersama – sama menyatukan persepsi untuk mempelajari e-gov’ guna meraih Smart City di Kota Padang.

Fungsi dan tujuannya antara lain, untuk meningkatkan mutu pelayananan publik,  melalui pemanfaatan teknologi informasi dan juga komunikasi dalam proses penyelenggaraan pemerintah daerah supaya bisa  terbentuk kepemerintahan yang bersih, transparan. Dan sekaligus supaya bisa menjawab tuntutan perubahan secara efektif.

Sejalan dengan itu, mari pula kita satukan tekad, dan keinginan bersama menjadikan  kota Padang jadi kota cerdas (Smart City). Namun, tentu terlebih dahulu kita pelajari bersama langkah awal dari sistem Smart City  dimaksud.

“Memang pelaksanaan  Smart City ini telah sering didengar dan kota-kota lain telah menerapkannya seperti Kota Bandung, Semarang, Jogja, Jakarta, Surabaya dan lain sebagainya. Kini,  di  Kota Padang baru menuju ke arah Smart City,” ucap Dedi Henidal  

Sedangkan Kabid Kominfo Syuhadi, M.kom mengatakan, manfaat dari E-Government, di antaranya, yang pertama untuk memperbaiki kualitas layanan dari pemerintah kepada para stakeholder, terutama dalam hal kinerja efektivitas serta efisiensi diberbagai bidang.

Kedua untuk meningkatkan transparansi kontrol serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, dalam rangka penerapan konsep Good Corporate Governance. Dan ketiga untuk mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi dan juga interaksi yang di keluarkan oleh pemerintah untuk kepentingan aktivitas sehari-hari.

Kemudian Smart Aplikasi-Sistem otomatisasi kantor (dalam bahasa Inggris: Office Automation disingkat OA) didefinisikan sebagai sistem informasi berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan pesan, dokumen, dan komunikasi elektronik lainnya antar individu, kelompok kerja dan organisasi.

Otomatisasi kantor terdiri atas semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada di dalam maupun di luarnya.

Kegiatan Sosialisasi dan workshop teknologi informasi  serta pameran TI, yang dilaksanakan selama dua (2) hari, dari 21-22 September 2016 di ruang pertemuan Bgd Aziz Chan Balaikota Padang. Peserta sebanyak 55 orang utusan dari SKPD Pemko Padang yang telah memiliki pengetahuan teknologi Informasi. (MC Padang/Irwandi Rais/toeb)