Kemenristekdikti Bekerjasama Dengan Pemkot Tangsel Gelar TGIF 2016

:


Oleh G. Suranto, Senin, 19 September 2016 | 13:49 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 766


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), World Technopolis Associatin (WTA), dan Pemerintah Kota Selatan akan menyelenggarakan Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) 2016.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan TGIF mengambil tema Innovation for Sustainable Development. “Tujuan utama dari TGIF adalah memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi global melalui budaya inovasi, technopreneurship, serta alih teknologi dan ilmu pengetahuan,” kata Nasir pada acara konferensi pers dalam rangka penyelenggraan TGIF 2016 di Jakarta, Senin (19/9).

Selain itu, kata dia, forum tersebut juga merupakan wadah bertukar pendapat dan memperluas jaringan para profesionl penelitian dan perekayasaan, pembuat kebijakan dalam bidang ilmu pengetahuan dan inovasi, para pelaku di dunia industri teknologi tinggi, serta komunitas masyarakat dari seluruh dunia.

Disebutkan, acara TGIF 2016 ini juga merupakan tindak lanjut kerjasama antara UNESCO, WTA, dan Kemenristekdikti sejak 2007. Pada awalnya kerjasama ini berfokus pada bantuan teknis pengembangan Science Techno Park (STP) yaitu Puspiptek Serpong sebagai salah satu pilot project.

Sejak saat itu, kemitraan diperluas dengan melibatkan kerjasama antara kota dan dunia usaha seperti kemitraan antara Kota Tangerang Selatan dan Kota Daejeon di Korea Selatan. Selanjutnya, kerjasama dan kemitraan tersebut melibatkan perguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan, dunia usaha teknologi tinggi, serta mayarakat.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menambahkan, Tangsel sebagai salah satu anggota WTA telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Global Innovation Forum (GIF) Tahun 2016 pada sidang dua tahunan WTA tahun 2014 lalu.

WTA adalah organisasi multilateral non profit yang dibentuk pada tahun 1998 dengan tujuan untuk mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan daerah.

TGIF Tahun 2016 ini direncanakan akan berlangsung dari tanggal 20-23 September 2016 bertempat di kawasan Puspiptek Serpong. Adapun rangkaian acara TGIF 2016 antara lain keynote speech, plenary session, thematic special session, UNESC)-WTA Regional Training Workshop, WTA General Assembly 2016, Forum Walikota (Mayor,s Forum), Forum Rektor (University President’s Forum), Pameran Teknologi, dan lomba inovasi.

Forum dan seminar TGIF tersebut akan dihadiri kurang lebih 1000 peserta dari 47 negara anggota WTA, industri, akademisi/rektor, dan praktisi bisnis teknologi tinggi dari berbagai negara lainnya, termasuk juga akan dihadiri oleh para walikota yang tergabung dalam Asosaisi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APKASI), industri nasional, komunitas litbang, dan perguruan tinggi nasional.