Festival Ratu Boko Diharapkan Bisa Dongkrak Jumlah Wisatawan‬

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Jumat, 16 September 2016 | 11:42 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 397


Sleman, InfoPublik - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko bersama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman akan menyelenggarakan Festival Ratu Boko.

"Penyelenggaraan event budaya dan pariwisata merupakan salah satu strategi untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Sleman," kata Riki SP Siahaan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko di Pemkab Sleman, Kamis (15/9).

Menurut Riki, penyelenggaraan Festival Ratu Boko yang kedua tahun 2016 ini diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisatawan ke situs-situs bersejarah di Kabupaten Sleman. Agendanya akan digelar mulai 20 sampai 25 September 2016. Ditargetkan mampu menarik pengunjung sebanyak 10 ribu orang.

"Kami punya target dua ribu pengunjung per hari," kata General Manager Pemasaran Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari yang juga mendampingi Riki.

Target pengunjung Ratu Boko pada tahun ini sebanyak 11.480 wisman. Dengan komposisi wisatawan Nusantara 239.040 orang. Sementara target wisatawan Nusantara pada September 2016 ini sejumlah 21 ribu pengunjung, dengan wisatawan mancanegara 1.098 orang.

‪Adapun tema yang diangkat pada festival kali ini adalah 'Boko Tempo Dulu'. Selain menampilkan pertunjukkan musik dan kesenian tradisional dari berbagai seniman di Jogja, Festival Ratu Boko pun akan dimeriahkan oleh stan-stan usaha kecil menengah (UKM). Rencananya akan ada pula pameran kuliner tempo dulu yang menyuguhkan jajanan masa lalu. â€¬

‪Menurut Emilia, Festival Ratu Boko akan dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai 19.00 WIB. Dengan demikian, pengunjung bisa menikmati malam di sana. Adapun waktu kunjungan utama Ratu Boko dimulai pada sore hari sampai tenggelamnya matahari.

"Boko itu eksotik. Apalagi saat sunset. Makanya yang berkunjung sekarang kebanyakan datang pada sore hari," kata Emilia. â€¬

‪Emilia menambahkan selain sebagai tempat wisata budaya dan sejarah, Ratu Boko juga cocok untuk dijadikan sebagai lokasi gathering. Karena suasananya yang nyaman dan pemandangannya yang cantik. Untuk menikmati eksotisme Festival Ratu Boko pengunjung hanya dibebani tiket masuk.‬ Tiket masuk untuk umum Rp 25 ribu dan untuk pelajar Rp 12.500.

‪Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman, Ir AA Ayu Laksmi Dewi TP MM menyampaikan, Festival Ratu  Boko merupakan upaya kerja sama untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Kabupaten Sleman. Selain agenda tersebut, Disbudpar juga terus menggalakan promosi wisata melalui media sosial.‬

‪"Kami terus memaksimalkan sarana teknologi untuk meningkatkan kunjungan ke Boko dan destinasi lainnya," ujar Ayu.

Ia juga berharap upaya-upaya tersebut membuat aktivitas pariwisata dapat semakin berkembang, hingga akhirnya mampu memberi pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. (MC.Kab.Sleman/Eyv)