BPPKB Gelar Pelatihan Untuk Organisasi Perempuan

:


Oleh MC Kabupaten Bogor, Jumat, 16 September 2016 | 13:37 WIB - Redaktur: Kusnadi - 390


Cisarua, InfoPublik – Guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Bogor, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Pelatihan Pemberdayaan Perempuan bagi Unsur Organisasi Perempuan dan Tenaga Penggerak Desa di Hotel Rizen Premiere, Kecamatan Cisarua. Acara yang digelar 2 hari (14-15 September 2016) ini diikuti oleh hampir 75 orang tenaga penggerak desa dan unsur organisasi perempuan di wilayah Kabupaten Bogor.

Kepala BPPKB Kabupaten Bogor Emmy Pernawaty mengatakan, program pelatihan ini akan dilakuakn secara berkala dan terarah. Hal tersebut bertujuan agar organisasi-organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Bogor memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menguatkan kapasitas kelembagaan dan meningkatkan kinerja organisasinya, baik dalam rangka mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.

“Pelatihan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan komunikasi, koordinasi dan sinergitas program dalam membangun jejaring serta dalam mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat,” ujar Emmy.

Selain itu menurut Emmy, tantangan pengembangan organisasi perempuan sesungguhnya lebih kompleks, dikarenkan selain dituntut untuk tanggap terhadap dinamika sosial budaya setempat, serta harus berusaha meningkatkan daya juangnya dalam mencerdaskan masyarakat akan pentingnya kesetaraan hak, kesempatan dan peluang yang sama antara kaum perempuan dan laki-laki dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Tuntutan ini perlu disikapi secara proaktif, karena organisasi perempuan selain merupakan sasaran utama program pengarusutamaan gender, juga memegang peranan penting sebagai motivator dalam meraih kemajuan, kesejahteraan dan peningkatan kualitas kehidupan,” terang Emmy.

Emmy juga menambahkan bahwa manfaat pelatihan ini diharapkan akan mampu menjalin kerjasama dan komunikasi yang lebih terbangun dengan baik dan dikembangkan secara intensif guna mencapai tujuan dan sasaran antara organisasi perempuan dan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor Kardenal yang menjadi salah satu narasumber dalam pelatihan ini, mengatakan bahwa peran perempuan saat ini sangat penting dan strategis dalam kemajuan pembangunan di Kabupaten Bogor.

Hal ini dikarenakan, perempuan mampu memperhatikan kesejahteraan keluarga. Sehingga kebijakan pengarusutamaangender menjadi sebuah prioritas pembangunan. Dalam pengembangannya organisasi perempuan dapat menjadi humas bagi pemerintah dalam menyebar luaskan atau mensosialisasikan visi misi oleh Kepala Daerah

“Untuk itu, berbagai program kerja yang akan dibuat oleh organisasi perempuan di Kabupaten Bogor, dapat bersinergi dan mendukung program pembangunan jangka panjang dan menengah yang dilaksanakan di Kabupaten Bogor,” ucap Kardenal. (OCKY/DISKOMIFO/Kus)