Kemendikbud akan Masukan Kegiatan Pramuka Sebagai Pelajaran Formal

:


Oleh Astra Desita, Jumat, 16 September 2016 | 09:39 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 743


Jakarta, InfoPublik - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menyatakan, pihaknya akan memasukkan kegiatan pramuka sebagai bagian pelajaran formal. Gerakan pramuka dinilai memiliki kedudukan strategis untuk memperkuat pendidikan karakter bagi anak bangsa karena mengajarkan kecakapan kepanduan dan kecakapan hidup.

"Kecakapan kepanduan, membuat anak mampu untuk percaya diri, mandiri, fleksibel dan tahan banting dengan berbagai tantangan. Sedangkan kecakapan hidup dari pramuka, dapat menjadi modal ketrampilan generasi untuk mengembangkan diri ditengah masyarakat," tutur Mendikbud Muhadjir, dalam acara Pengukuhan Pergantian Antar Waktu Pemimpin Saka Widya Budaya Bakti Kemendikbud, di Jakarta, Kamis (15/9).

Muhadjir mengatakan, pihak Kemendikbud sendiri sedang menyiapkan naskah akademik, kurikulum, termasuk soal plotting.

"Kita undang mereka yang sudah melaksanakan pendidikan karakter, untuk kita serap pengalaman jadikan bahan rumusan program kurikulum. Jika mau wajib maka wajib diikuti semua siswa. Kalau sekarang ekstra maka suka-suka. Dengan menjadikan bagian kurikulum, tentu akan otomatis," tuturnya.

Dengan masuk sebagai mata pelajaran, gerakan pramuka akan ditanamkan dari pendidikan tingkat dasar hingga perguruan tinggi. “Salah satu hal yang terpenting dalam pendidikan, menjadikan anak didik memiliki karakter yang baik sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa,” katanya.

"Hal tersebut dapat ditingkatkan dalam gerakan pramuka. Pasalnya, pramuka dapat melengkapi materi pendidikan yang banyak berorientasi pada pengetahuan," pungkasnya.