Walikota Lambert: Kata Siapa Pengembangan Bandara DEO tidak Gunakan APBD ?

:


Oleh MC Kota Sorong, Jumat, 16 September 2016 | 08:29 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Sorong, InfoPublik – Wali Kota Sorong, Drs Ec L Jitmau, MM, menepis Isu yang mengatakan bahwa Bandar Udara Domine Eduard Osok (DEO) dan jalan dua jalur dari kilometer 12 hingga kilo meter 18 bukan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Sorong. Menurutnya, sesungguhnya isu dan pernyataan itu adalah keliru dan dikeluarkan oleh orang yang tidak paham mekanisme.

"Yang mengatakan seperti itu, justru dia yang keliru. Kalau belum paham, jangan berkomentar. Perubahan suatu daerah tergantung kepada kepala daerahnya. Kalau kepala daerah tersebut mampu melobi dengan bukti-bukti yang dapat dipertanggung jawabkan di pemerintah pusat, pasti aliran dana akan terus mengalir dari pusat untuk pembangunan di daerahnya," tegas Walikota Sorong.

Dikisahkan tentang pengembangan Bandara DEO Sorong, dimana peran pemerintah daerah untuk merelokasi warga di dalam kawasan Bandara, membutuhkan pengorbanan yang tidak kecil, sehingga harus dilakukan ganti rugi sesuai kesepakatan bersama antara Pemda dan warga, sehingga akhirnya semua berjalan aman dan baik.

"Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan, kalau orang bilang bangun Bandara DEO itu bukan menggunakan APBD, terus pemda bayar ganti rugi lahan dan tanaman tumbuh itu pake apa, Kalau bukan pakai APBD? Jadi kalau ada orang yang bilang Bandara itu bukan campur tangan pemerintah daerah, dia itu keliru," tandasnya..

Selain itu, hal yang sama juga dilakukan terhadap pembangunan jalan dua jalur di kilometer 12 sampai kilometer 18. Peran pemerintah daerah dalam pembangunan di kota sorong merupakan keberanian kepala daerah, untuk mampu meyakinkan pemerintah pusat akan daerah yang dipimpinnya.

Pada kesempatan tersebut, Walikota juga menyampaikan terimakasih kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sorong, atas dukungannya terhadap pembangunan di Kota Sorong selama kepemimpinannya bersama, dr Hj Pahima Iskandar.

"Saya mengucapkan terimakasih buat Ketua dan Wakil Ketua I DPRD Kota Sorong, beserta seluruh anggotanya atas dukungan sebagai pemegang kedaulatan rakyat di Kota Sorong, yang telah membantu saya untuk membuat perubahan di kota ini," ujar Wali Kota belum lama ini. (Kominfo Kota Sorong/Kus)