Makan Daging Berlebihan Bahayakan Kesehatan

:


Oleh MC Kota Padang, Kamis, 15 September 2016 | 09:52 WIB - Redaktur: Tobari - 150


Padang, InfoPublik - Dalam suasana Idul Adha 1437 H/ tahun 2016 ini dipastikan setiap warga mengkonsumsi daging kurban. Bermacam olahan masakan yang dibuat warga, mulai dari soto daging, randang daging, dendeng, kalio, dan lain sebagainya.

“Semua masakan tersebut bisa dipastikan enak. Namun jangan  mengkonsumsi daging secara berlebihan, karena bisa membahayakan kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Dr. Feri Mulyani, Kamis  (15/9).

Daging adalah protein hewani. Jika dikonsumsi setelah dimasak dengan cara benar, tentu tidak ada masalah bagi yang sehat. Tetapi bagi yang mengalami masalah kesehatan seperti hipertensi, jantung dan lainnya tentu harus dibatasi.

Bagi pengidap penyakit seperti hipertensi maupun jantung, jika banyak makan daging  justru akan bermasalah bagi kesehatannya, tensi naik, tekanan darah  juga demikian. Apalagi daging yang dikonsumsi banyak lemaknya, kata Dr. Feri Mulyani.

Mengkonsumsi daging berlebih memang tidak disarankan kepada pengidap hipertensi. Jika tekanan darah tidak stabil dan tidak terkontrol, resiko pecahnya pembuluh darah akan dapat terjadi, sehingga dapat mengakibatkan stroke.

Karena itu, DKK Kota Padang mengimbau kepada seluruh warga untuk mengkonsumsi daging sewajarnya dan tidak berlebihan. Warga juga diharapkan memilih daging yang tidak berlemak. Untuk mengimbangi protein dari daging, perbanyak juga konsumsi buah dan sayur, sarannya. (MC padang/Irwandi Rais/Charlie/toeb)