Bupati Nisel Buka Perlombaan Hombo Batu

:


Oleh MC Nias Selatan, Rabu, 14 September 2016 | 08:13 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 956


Nisel, InfoPublik - Memeriahkan Pesta Ya'ahowu yang dilaksankan pada tanggal 17 September 2016, Panitia Pelaksana menggelar perlombaan loncat batu (Hombo Batu) yang dibuka oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH di Lapangan Orurusa Telukdalam (12/09). Peserta yang mengikuti lomba sebanyak 94 orang dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Nias Selatan.

Berdasarkan keterangan panitia, pelompat akan diberikan dua kali kesempatan melompati batu, dimulai dari ketinggian 2 meter. Apabila peserta berhasil melompat diketinggian tersebut, maka lompatan selanjutnya akan ditambah sebanyak 5 cm hingga sang juara berhasil didapatkan. Saat ini, rekor loncat batu masih dipegang oleh Denius Bu'ulolo yang berhasil melompati batu dengan ketinggian 2 meter 60 centimeter di tahun 2012.

Perlombaan loncat tersebut berlangsung dengan sengit, sehingga  panitia menetapkan dua orang peloncat sebagai sang juara dengan ketinggian lompatan 2, 45 Cm yaitu April Haria dan Marius Fau disusul oleh Iman Bu'ulolo, Arlinus Manao dan Cornelius Dakhi sebagai juara dua dengan ketinggian loncatan 2,40 Meter serta Dedianto Pasti Wehalo dan Arlius Manao sebagai juara tiga dengan ketinggian loncat 2,35 Meter.

Penentuan pemenang loncat batu tersebut merupakan solusi yang diberikan oleh Bupati Nias Selatan yang kemudian disepakati oleh panitia dan peserta berdasarkan pertimbangan kondisi peserta telah mencapai batas kemampuan untuk melompati batu.

Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, mengharapkan agar peserta tetap menjunjung tinggi nilai budaya lompat batu dan terus berlatih hingga nantinya mampu berkarya di kanca Internasional. "Peserta lompat batu diharapkan mampu memaknai budaya lompat batu. agar budaya yang telah mendunia ini semakin terkenal hingga ke pelosok Dunia" kata Bupati Nias Selatan. (mc nisel/tim liputan humas nisel/eyv)