Api PON XIX Jawa Barat Sambangi Kabupaten Bogor

:


Oleh MC Kabupaten Bogor, Selasa, 13 September 2016 | 16:44 WIB - Redaktur: Tobari - 453


Cibinong, InfoPublik - Iring-iringan kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) - XIX tiba di Kabupaten Bogor setelah melintasi Kota Depok. Selasa (13/9). Kedatangan kirab ini disambut meriah oleh ratusan pelajar sekolah dasar yang berbaur dengan warga.

Mereka dengan kibaran bendera merah putih menyaksikan pembawa api PON berlari. Sesekali berteriak untuk memberikan dukungan kepada rombongan pembawa api PON.

Rombongan berlari santai membawa obor dan melalui jalan raya Tegar Beriman Cibinong, dan finish di lapangan tegar Beriman, Cibinong. Bupati Bogor Hj. Nurhayanti bersama Ketua KONI Kabupaten Bogor Rusdi, dan unsur Muspida Kabupaten Bogor dan sejumlah kepala OPD, menyambut kedatangan Api PON dan rombongan.

Didapuk selaku pembawa api PON di Kabupaten Bogor, Ruri Raung, atlet tenis meja asal Kabupaten Bogor untuk diserahkan kepada Bupati Hj. Nurhayanti, yang selanjutnya diserahkan kepada Didin Rusdiana, atlet dayung, asal Kabupaten Bogor untuk dibawa menuju ke Kota Bogor.

Bupati Bogor mengatakan bahwa Provinsi Jawa Barat terpilih menjadi tuan rumah sekaligus pelaksana sebuah perhelatan ragam olahraga setingkat PON dan Pekan Paralympic Nasional (Perparnas) XV tahun 2016.

Pesta olahraga empat tahunan dan mempertemukan insan-insan olahraga untuk bertanding dan berlomba dalam suasana "Fair Play", dalam mewujudkan dan menunjukkan raihan prestasi tertinggi olahraga di Indonesia.

Jawa Barat selaku tuan rumah telah siap melaksanakan seluruh agenda PON XIX dan Perparnas XV Jawa Barat tahun 2016 dengan tujuan dan sasaran untuk meraih "Catur Sukses, yakni sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses perekonomian dan sukses administrasi.

Bupati Nurhayanti, yang juga Ketua Sub PB PON Jawa Barat, menjelaskan bahwa penyelenggaraan PON ini adalah yang terbesar, PON XIX Jawa barat tahun 2016 terdiri dari 44 cabang olahraga, 10 cabang olahraga eksibisi dengan total nomor pertandingan, 365 pertandingan putra, 302 pertandingan putrid.

Termasuk, 33 pertandingan campuran dan 50 pertandingan terbuka di 61 venue yang tersebar di 15 kabupaten/kota di Jawa Barat.

"Sebanyak 8.403 atlet di luar atlet tuan rumah memperebutkan 755 medali emas, 755 medali perak, 962 medali perunggu dan diawasi sekitar 2.195 petugas pertandingan/juri, sudah selaknya acara sebesar ini kita dukung dan kita sukseskan," katanya.

Bupati Nurhayanti juga mengungkapkan terkait rangkaian acara kirab api PON adalah simbol kehangatan dan semangat untuk Jabar Kahiji dapat terasa karena melintasi 27 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat dan kegiatan ini juga melibatkan banyak unsur seperti TNI, Polri dan para Atlet. (Andi/Diskominfo Kab Bogor/toeb)