Gubernur Koordinasikan Program Pembangunan di Meranti

:


Oleh Prov. Riau, Selasa, 13 September 2016 | 10:29 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 280


Selatpanjang, InfoPublik  - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Wakil Bupati Kepulauan Meranti, H Said Hasyim berkesempatan melaksanakan Sholat Idul Adha 1437 Hijriyah berjamaah bersama masyarakat, di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Senin (12/9).

Bertindak sebagai Imam Sholat Idul Adha 1437 Hijriyah di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, H Sofyan Siraj Lc MA dan Imam H Ramli Husein. Hadir juga Asisten I Setdaprov Riau, H Ahmadsyahrofie, Sekdakab Meranti, H Iqaruddin, mantan Wakil Bupati, H Masrul Kasmy, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Kapolres AKBP Barliansyah SIK serta pejabat lainnya.

Selain menggelar Sholat Ied berjamaah, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman juga menyerahkan hewan Qurban berupa dua ekor Sapi, sekaligus menyaksikan langsung pemotongan hewan Qurban di Masjid Muawanah Jalan Dorak Selatpanjang.

Dalam sambutannya Gubernur Riau mengucapkan selamat Idul Adha 1437 Hijriyah, mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh maayarakat Riau. "Saya ucapkan selamat Idul Adha 1437 H, mohon maaf lahir bathin kepada seluruh masyarakat Riau khususnya di Kepulauan Meranti," ujarnya.

Gubernur mengatakan, kedatangannya ke Kepulauan Meranti bukan semata-mata untuk melaksanakan Sholat Ied tetapi juga dalam rangka koordinasi program pembangunan dengan Pemkab Kepulauan Meranti, khususnya dukungan terhadap program pembangunan merangkai pulau, guna membuka akses baik menuju Sumatera maupun Kepulauan Riau.

Untuk mendukung program pembangunan di daerah ini, Pemprov Riau telah menganggarkan dana sebesar Rp349 Miliar berupa bantuan keuangan dan biaya langsung. Salah satu yang menjadi fokus adalah penyelesaian jalan dari Selatpanjang menuju Kampung Balak yang membutuhkan biaya besar karena kondisi tanahnya yang dinilai berat.

Saat ini dari laporan Wakil Bupati kepada Gubri, pembangunan jalan Kampung Balak tengah dalam proses tender. Diharapkan proyek itu dapat segera selesai dan jalan tersebut dapat dilalui kendaraan sehingga berbagai komoditi dari Meranti dapat didistribusikan dengan lancar.

Selain itu untuk mendukung program merangkai Pulau di Kepulauan Meranti, Pemprov Riau juga mengupayakan dana APBN untuk pembangunan akses roll on roll off (Roro) antara Pulau Padang - Bangkalis.Selain untuk pembangunan infrastruktur jalan, seperti dikatakan Gubernur, Pemprov Riau juga menganggarkan anggaran untuk mendukung potensi pertanian dan perkebunan, yang didalamnya terdapat program pengembangan potensi Sagu Kepulauan Meranti.

"Kita juga telah menganggarkan dana untuk mengambangkan potensi Sagu di Kepulauan Meranti mulai dari untuk sosialisasi, perkebunan hingga pemasaran," jelas Gubri.

Lebih jauh dijelaskan Gubri, dalam rangka mendukung pengembangan potensi Sagu di daerah ini, Pemprov Riau terus menggaungkan ditingkat pusat untuk menjadikannya makanan pengganti selain beras, karena dinilai lebih sehat dan tinggi kalori.

"Kita akan terus mendorong potensi Sagu ini, tercatat 80 persen Sagu Meranti belum ada nilai tambahnya di Riau, lebih banyak diekspor keluar daerah. Kami mengupayakan dana Pusat melalui Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk mengembalikan komoditi Sagu ini, sehingga dapat terus ditanam dan produksinya terus meningkat. Ini yang harus kita fikirkan bersama agar ada nilai tambah Sagu Meranti," ungkapnya.(MC Riau/san/eyv)