Petugas Kesehatan Hewan Blora Periksa Daging Kurban

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Selasa, 13 September 2016 | 08:18 WIB - Redaktur: Tobari - 390


Blora, InfoPublik - Daging hewan kurban yang telah disembelih di sejumlah tempat dan rumah pemotongan hewan (RPH) diperiksa oleh dokter hewan dan petugas kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Distanbunakkikan) Kabupaten Blora.

“Kami periksa, terutama di bagian jeroan hewan, untuk memastikan ada tidaknya penyakit pada hewan setelah disembelih,” kata dokter hewan Julia, di Blora, Senin (12/9).

Kepala UPTD Puskeswan dan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Wilayah I, Taufik Kurniawan, mengemukakan setelah dilakukan pemeriksaan, pihaknya memastikan daging hewan kurban yang telah disembelih aman dikonsumsi. “Aman dikonsumsi,” kata Taufik Kurniawan.

Menurut dia, Distanbunakkikan Kabupaten Blora telah menerjunkan petugas kesehatan dan dokter hewan untuk memantau daging hewan kurban setelah di sembelih. Di RPH Blora  ada 15 ekor sapi dan 14 ekor kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha 1437 Hijriyah.

“Jumlah tersebut dari instansi dan warga masyarakat yang menyerahkan penyembelihan hewan kurban di RPH, termasuk hewan kurban dari Bupati Blora Djoko Nugroho yang diserahkan kepada ta’mir masjid Baitunnur juga disembelih di RPH,” jelasnya.

Selain seekor sapi kurban dari Bupati, juga ada beberapa ekor sapi yang disembelih di RPH, di antaranya dari Kapolres Blora, Kepala Distanbunakkikan Kabupaten Blora dan panitia kurban dari Perumnas Blora.

Jumlah hewan kurban yang disembelih di RPH, kata Taufik, menurun dibandingkan tahun lalu.  Hal itu disebabkan karena ada yang menyembelih di lingkungan masjid masing-masing atau tempat yang telah disepakati oleh panitia Idul Adha.

“Tahun lalu, yang disembelih di RPH sekitar 20 ekor sapi, sekarang 15 ekor sapi,” kata dia.

Pihaknya juga menilai, daya beli hewan kurban oleh masyarakat menurun karena harganya naik.          

Sementara itu, Kepala Distanbunakikan Kabupaten Blora Ir. Hj. Reni Miharti melalui Kepala Bidang Peternakan, Kenang, SP, mengatakan telah mengirim surat kepada seluruh petugas kesehatan hewan di 16 wilayah kecamatan untuk lebih intensif melakukan pemantauan dan pex meriksaan kesehatan hewan.

“Kami sudah mengirim surat kepada petugas kesehatan hewan di 16 Kecamatan agar melakukan pemantauan dan pemeriksaan hewan yang akan disembelih untuk kurban,” ujar Kenang didampingi Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Keswa) drh. Asngadi  Bidang.(MC Kab. Blora/Guh/toeb)