Kasal Pimpin Apel Gelar Kesiapan Latihan Armada Jaya

:


Oleh Yudi Rahmat, Sabtu, 10 September 2016 | 22:13 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 2K


Jakarta, InfoPublik - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, memimpin apel gelar pasukan Latihan Armada Jaya ke-34 tahun 2016 sebagai inspektur upacara.

Seluruh unsur terlibat latihan Armada Jaya, dan diharapkan berlangsung sukses di Dermaga Ujung, Surabaya, Sabtu(10/9).

Menurut Ade, Apel Gelar kesiapan ini sebagai kelanjutan tahap perencanaan yang dilaksanakan pada latihan posko, apel gelar kesiapan untuk meyakinkan kesiapan akhir pasukan dan alutsista, serta alat kelengkapan dan sarana prasarana pendukungnya, dalam rangka manuver lapangan. Dengan kesiapan maksimal dari pasukan, alutsista dan dukungannya, diharapkan dapat mengantisipasi dan mengatasi setiap kendala yang mungkin dihadapi pada tahap latihan lapangan.

Kasal mengatakan Armada Jaya adalah latihan puncak TNI angkatan laut yang menggabungkan kemampuan seluruh komponen SSAT. Latihan ini merupakan penegasan tekad TNI AL untuk terus berupaya meningkatkan kemampuan tempur prajurit-prajuritnya,  baik dalam pertahanan pantai, pengendalian laut maupun proyesi kekuatan ke darat.

Kasal juga mengingatkan bahwa keberhasilan pelaksanaan latihan bukan hanya ditentukan oleh kemampuan dan kemahiran masing-masing personel, melainkan juga karena terciptanya suatu kerja sama tim yang kompak dan satu kesatuan komando.

Di samping itu, keberhasilan juga sangat tergantung dari kesiapan operasi, serta kemampuan  mengantisipasi perubahan situasi dan kondisi, khususnya pada uji coba penembakan senjata strategis. Untuk itu, fungsi komando dan pengendalian harus efektif dan dapat menjawab berbagai permasalahan yang berkembang di lapangan, dengan tetap mengedepankan zero accident.

Pada bagian akhir amanatnya Kasal menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman dalam melaksanakan latihan lapangan, yaitu agar melaksanakan  koordinasi dengan satuan samping dan instansi pendukung sesuai kebutuhan, serta kembangkan latihan melalui inovasi, kreativitas dan sinergitas bersama satuan terkait, agar tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai secara optimal.

Kemudian agar menyiapkan fisik, mental dan pengetahuan, serta manfaatkan kesempatan latihan untuk menguji kemampuan dan naluri tempur dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan ssat dan profesionalisme prajurit.

Pelaksanaan Latihan Armada Jaya kali ini melibatkan 40 unsur laut, 8 unsur udara dan 1745 pasukan pendarat beserta kendaraan tempurnya, dengan daerah latihan di laut Jawa dan Asem Bagus Situbondo. Latihan ini juga melibatkan seluruh satuan pendukung dan satuan TNI Angkatan Udara, serta akan menguji kemampuan Rudal R-705, Rudal C-802 dan Torpedo Sut kepala perang.