Kemhan Gelar Lomba Parade Cinta Tanah Air

:


Oleh Yudi Rahmat, Kamis, 8 September 2016 | 17:14 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 2K


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pertahanan kembali menggelar Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Pusat (PCTA) tahun 2016. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 9 September 2016.

Parade Cinta Tanah Air yang mengusung tema "Memantapkan sikap generasi muda dalam menghadapi kemajuan informasi dan teknologi" ini diikuti para mahasiswa dan pelajar SLTA di seluruh Indonesia. Lomba ini akan menjadi sarana sosialisasi dalam rangka pembentukan karakter generasi muda Indonesia.

"Kegiatan ini diharapkan akan memperkuat karakter kebangsaan, cinta tanah air serta semangat patriotisme untuk generasi muda Indonesia," kata Menhan Ryamizard saat membuka Lomba PCTA di kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (8/9).

Lomba PCTA 2016 rutin dilaksanakan setiap tahunnya atau sejak 2012 oleh Kemhan dengan materi yang dilombakan keterampilan dan lomba diskusi. Untuk lomba diskusi antar Perguruan Tinggi dan SLTA sederajat diikuti  34 tim dari 34 provinsi di Indonesia.

Selain lomba, para peserta juga berkesempatan mengikuti kegiatan berupa ceramah pengetahuan bela negara dan juga melakukan kunjungan wisata bela negara kesatuan TNI, kunjungan ke Monumen Nasional dan Istana Negara Bogor serta bertatap muka dengan Menhan Rymizard Ryacudu di kantor Kemhan Jakarta.

Disamping itu, kegiatan sosialisasi yang melibatkan partisipasi aktif elemen masyarakat dari generasi muda Indonesia seperti ini juga merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh Kemhan dalam mengatasi dan menangkal ancaman non militer yang merupakan ancaman nyata pertahanan negara saat ini.

Melalui penyelenggaraan Lomba PCTA tersebut, juga telah dibentuk Ikatan Alumni PCTA di setiap provinsi sebagai kader bela negara di lingkungan pendidikan yang dibina oleh Kemhan dan didukung oleh Pemda.