Waspadai Tindak Kejahatan Saat Hari Raya Kurban

:


Oleh MC Kabupaten Subang, Kamis, 8 September 2016 | 17:13 WIB - Redaktur: Tobari - 570


Subang, InfoPublik - Jelang libur panjang Idul Adha, Polres Subang mengimbau untuk mewaspadai tindak kejahatan, baik kejahatan konvensional, transaksional dan kejahatan kekayaan negara.

Hal tersebut dikatakan oleh Kapolres Subang AKBP Yudhi Sulistyanto Wahid pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Menjelang Pengamanan Hari Raya Idul Adha 1437 H Tahun 2016, di Subang, Rabu (7/9).

Operasi pengamanan ini menargetkan masyarakat, tempat ibadah, permukiman dan pusat perbelanjaan. Persiapan pengadaan hewan kurban yang tidak bersamaan waktunya, animo/kebutuhan yang tinggi terhadap hewan kurban, kunjungan dipusat perbelanjaan dan pasar hewan, peningkatan konsumsi kebutuhan pokok/harga naik.

Adapun kriteria rawan/prioritas pengamanan adalah lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha dan lokasi rawan kemacetan arus lalu lintas. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polres Subang menggelar pos pengamanan.

Kemudian untuk pengamanan di jalan raya, dikatakan oleh Kasat Lantas AKP Sujana bahwa kondisi wilayah Kabupaten Subang memiliki 4 jalur, yaitu pantura, tol Cipali, jalur tengah, dan jalur selatan.

Pada keempat jalur tersebut, tersebar beberapa pos yang fleksibel untuk mengantisipasi adanya kepadatan arus lalu lintas. Titik rawan laka di Cipali di KM 103 (ada kenaikan) dan akan dibangun pos di KM 102 A dan B.

Di wilayah Pamanukan juga akan dibangun pos karena masih adanya jembatan yang sedang diperbaiki dan sampai saat ini masih dilakukan contra flow. Peta jalur rawan macet, yaitu di daerah pasar Kalijati, Jalancagak, Otista, dan perlu diantisipasi yaitu di Tol Cipali KM 103 dan di Pamanukan di lokasi perbaikan jembatan.

Mengenai lokasi rawan kecelakaan ada 5 titik, yaitu di daerah Cicenang, Cijambe, Kebon Danas, Jl. Tanjungrasa, dan Jl. Sukasari. Lokasi rawan pelanggaran yaitu di pasar Kalijati, Cipeundeuy. Sementara lalu lintas di daerah wisata Ciater saat libur panjang akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

Dalam rapat tersebut dibahas pula berapa kekuatan untuk melaksanakan pengamanan mulai dari TNI, Polri, dan instansi terkait.

Selanjutnya sambutan Dandim 0605 Subang yang disampaikan oleh Pasi Ops Kodim 0605 Subang Kapten Asum Sudarso berharap, dengan dilaksanakannya Rakor Lintas Sektoral hari ini, saat pelaksanaan Idul Adha bisa berjalan dengan lancar.

Khususnya untuk pengamanan Idul Adha “Kami dari pihak Kodim 0605 Subang siap untuk membantu dalam pelaksanaan pengamanannya,” imbuh Asum.

Asum juga mengatakan bahwa tanggal 9 September 2016 Subang akan menerima serah terima Kirab Api PON yang sudah diberangkatkan dari Indramayu dan kita akan melaksanakan serah terima di wilayah Kecamatan Tanjungsiang.

Rapat ini turut dihadiri oleh Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Bina Marga dan Pengairan, Diskominfo, Orari, LMS, Sari Ater, serta undangan lainnya sebanyak 41 orang. (MC Subang/toeb)