Riau Sudah Terbentuk Komite Integritas

:


Oleh Prov. Riau, Kamis, 8 September 2016 | 09:54 WIB - Redaktur: Kusnadi - 255


Pekanbaru , InfoPublik – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia  menunjuk pemerintah Provinsi Riau  sebagai tuan rumah kegiatan Rembug Tunas Integritas Nasional  Nopember mendatang. 

Hal itu diungkapkan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masperi  saat memimpin Rapat Konsolidasi komite Integritas Pemerintah Provinsi Riau dan Persiapan Rembuk Integritas Nasional, Rabu (7/9) di Kantor Gubernur Riau.

Ia menambahkan,  pemerintah Provinsi Riau telah memiliki sebuah  Komite Integritas. Komite ini dikukuhkan dengan Keputusan Gubernur Riau nomor :Kpts.596/VI/2016 tanggal 10 Juni 2016 tentang Pembentukan Komite Integritas Pemerintah Provinsi Riau.

Menurut Asisten II Setda Riau, komite ini bertugas untuk mengarahkan dan membina sumber daya manajemen terutama sumber daya manusia dalam membangun sistem integritas di lingkungan pemerintah Provinsi Riau.

Komite ini berfungsi menyusun road map pembangunan sistem integritas pemerintah Provinsi Riau, melaksanakan pembinaan dalam rangka pencegahan praktek korupsi kolusi dan nepotisme melalui workshop, seminar, pelatihan, serta sosialisasi.

Di samping itu, melakukan pemantauan atau monitoring dan penilaian terhadap satuan perangkat daerah dalam melaksanakan komponen/unsur unsur sistem integritas,  Masperi.

Komite Integritas dinakhodai dengan Ketua Masperi, Wakil Katua I Kasiaruddin, Wakil Ketua II Fairuzel Gazali, Sekretaris Evandes Fajri, Wakil Sekretaris Ikhwan Ridwan, Bendahara Indrawati Nasution dan Waakil Bendahara Evarevita, dan didukung dengan 29 anggota. Masing masing anggota itu berasal dari asisten, staf ahli gubernur dan pimpinan SKPD Provinsi Riau.

Rapat konsolidasi ini menghasilakan beberapa kesimpulan, di ataranya sudah terbentuk panitia rembuk integritas Nasional II yang akan dilaksanakan di Kota  Pekanbaru, yang direncanakan bulan November 2016 mendatang.

Di samping itu, materi-materi akan dibawa pada saat Forum Gorup  Discussion yang rencanakan akan diselenggarakan di Jakarta. Pada kesempatan itu juga sudah menunjukkan Inspektorat Provinsi Riau akan dijadikan sebagai Sekretariat Komite Integritas Provinsi Riau.

Diseminasi terkait intigritas ini akan juga dilakukan minimal sampai pada level Eselon III dan IV lingkup pemerintah Provinsi Riau. (MC Riau/mm/Kus)