Warga KKSU Diharapkan Jadi Pelopor Persatuan Dan Pembangunan

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Rabu, 7 September 2016 | 11:41 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 607


Merauke, InfoPublik - Warga Kerukunan Keluarga Sulawesi Utara (KKSU) diharapkan menjadi pelopor persatuan dan pelopor pembangunan di Kabupaten Merauke.

Harapan ini  disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Merauke Drs Agustinus Joko Guritno, mewakili Bupati pada pelantikan Badan Pengurus Daerah KKSU Kabupaten Merauke periode 2016-2020, berlangsung di Gedung Kanosai LPP RRI Merauke, Sabtu (3/9).

Atas nama pemerintah daerah, Joko Guritno menyampaikan terima kasih kepada warga KKSU yang tinggal di Merauke atas peran sertanya yang sudah hidup rukun dan damai serta bersama suku dan etnis lainnya bermitra dengan pemerintah sama-sama membangun daerah.

Dikatakan, Kabupaten Merauke telah dihuni oleh berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke dimana dari setiap daerah itu memiliki motto, termasuk dari Sulawesi Utara.

Begitu juga Kabupaten Merauke yang meimiliki motto Izakod Bekai Izakod Kai, satu hati satu tujuan. ‘’Jadi kita saling mendukung, saling membantu satu sama lain yang pada akhirnya moto itu kita rangkai menjadi bhineka tunggal ika,’’ jelasnya.

Dengan hadirnya KKSU ini, Joko Guritno yakin setiap permasalahan yang timbul dapat diselesaikan dengan baik, penuh kekeluargaan. Sementara itu, Ketua  KKSU Kabupaten Merauke Johan Paulus, SE, mengungkapkan, sampai sekarang ini  jumlah warga KKSU di Merauke mencapai 400 kepala keluarga.

Dijelaskan, KKSU berdiri secara otonom tidak seperti panguyuban lainnya yang ada di provinsi dan pusat. ‘’KKSU terdiri dari tiga suku  besar yakni  Minahasa, Sangir Talaud dan Bolaang Mongondo di dalamnya ada pilar-pilar,’’  katanya.

Ditambahkan, KKSU adalah organisasi  kemasyarakatan yang bersifat  kekeluargaan, gotong royong yang berpegang teguh  pada motto sitou simou tu mottou atau manusia hidup untuk menghidupkan manusia yang lainnya,’’ jelasnya.

Badan Pengurus Daerah KKSU Kabupaten Merauke tersebut dilantik  oleh Ketua Pembina dan Pengawas Badan Pengurus Daerah KKSU Kabupaten Merauke  Yunus Wulur. (02/McMrk/Abd/Eyv)