Target Jalan Trans Papua dan Papua Barat Capai 85 Persen

:


Oleh MC Kabupaten Sorong, Jumat, 2 September 2016 | 19:17 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sorong, InfoPublik – Kepala Balai Besar  XVIII Papua Ir. Osman Haryanto Marbun,MT, menyatakan, target pengerjaan jalan nasional trans Papua dan Papua Barat telah mencapai 85% dari total 4.325 kilometer hanya tinggal 700 kilometer lagi yang belum tembus.

Sementara untuk yang belum tembus di trans Papua Barat yaitu dari Sorong-Manokwari, untuk trans Papua dimulai dari Manokwari-Nabire-Enarotali-Sugata-Mulia sampai ke Kabupaten Wamena.

“Terus dari Wamena ke Jayapura, lalu dari Wamena ke arah Mamugu-Kenyam-Dekai-Oksigil- Oksibil-Tanah Merah-Merauke dengan total yang masih belum dikerjakan 700 kilometer,” katanya, di Sorong, Jum’at (2/9).

Khusus untuk Sorong-Manokwari akhir 2015 kemarin masih tersisa 30 kilometer lagi. Sedangkan untuk tahun 2016 kami masih evaluasi kembali.

Ditargetkan  dari yang tersisa 15% di tahun 2019 nanti semuanya sudah bisa diselesaikan. Ketika ditanya soal standar kualitas jalan yang terjadi selama ini khusus di beberapa ruas jalan yang ada di wilayah Sorong, umumnya baru di aspal sebulan atau hingga dua bulan badannya cepat rusak.

Osman menjelaskan memang ada standar kualitas sesuai dengan umur rencananya. “Termasuk standar kemiringan badan jalan juga ada 12% yang kita minta,” katanya.

Kualitas jalan sesuai dengan kualitas spesifikasi yang telah ditetapkan. Untuk mengecek kondisi jalan setelah usai dikerjakan ada konsultan pengawas yang melakukan pengukuran dan sekaligus mengawasi terhadap hasil-hasil pekerjaan.

“Kita akan membangun jalan ini tetap tidak meninggalkan masalah drainasenya. Jadi ada berbagai program penanganan yang efektif, dan memang musuhnya jalan adalah air,” kata Osman, menutup keterangan persnya, ketika mendampingi kunjungan kerja Menteri PU-PR Dr. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc di Sorong, Jum’at (2/9). (MC.Sorong/rim/toeb)