Bulog Merauke Datangkan 48 Ton GKP

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Jumat, 2 September 2016 | 11:59 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 374


Merauke, InfoPublik - Tingginya harga gula pasir saat ini di Merauke membuat Bulog Merauke mendatangkan sedikitnya 48 ton Gula Kristal Pasir (GPK) ke Merauke. Kepala Bulog Merauke Said El Zabali, ketika dikonformasi membenarkan hal tersebut.

‘’Sekarang ini kapal yang membawa dua kontainer atau sebanyak 48 ton Gula Kristal Pasir tersebut sudah tiba di Merauke. Hanya belum bisa kita bongkar karena kapal yang membawa container tersebut belum bisa sandar karena dermaga masih terpakai oleh kapal lain. Kemungkinan minggu depan, kita sudah bisa melakukan pembongkaran,’’ kata Said El Zabali, ditemui Jumat (26/8).

Said  mengungkapkan, gula Kristal pasir yang didatangkan tersebut nantinya akan dijual dengan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 13.000 perkilogram. Pihaknya, lanjut dia, akan bekerja sama dengan para pedagang atau pemilik kios dengan dengan harga partai ke pedagang sebesar Rp 12.500 perkilogramnya.

‘’Jadi kita kasih margin atau keuntungan sebesar Rp 500 setiap kilogramnya,’’Selain akan kerja sama dengan para pedagang, lanjut Kabulog Merauke, pihaknya sendiri juga akan turun dengan menggelar operasi pasar dengan harga jual Rp 13.000 perkilogramnya. ‘’Kita akan pakai mobil kanvas ke lolaki-lokasi pemukiman,’’ terangnya.

Ditanya soal penyebab tingginya harga gula pasir saat ini, ia mengaku kurang mengetahui secara pasti. Tapi yang pasti, pihaknya Bulog ditugaskan oleh pemerintah untuk menstabilkan harga gula ini.

Targetnya, ungkap Said, untuk bulan Agustus sampai Oktober 2016 nanti diharapkan harga sudah berada di Rp 13.000 perkilogramnya. Sementara bulan Oktober-November sebesar Rp 12.500.

Akhir tahun 2016, harga sudah bisa berada di kisaran Rp 12.000 perkilogram. Said El Zabali mengaku, operasi pasar ini akan terus dilakukan sampai harga gula pasir sesuai dengan harga yang diinginkan oleh pemerintah.

‘’Karena Bulog sudah  kontrak dengan PT PTN XI Surabaya,’’ tambahnya. Diketahui, harga gula pasir saat ini  berkisar Rp 18.000-20.000  perkilogramnya. (02/McMrk/Abd/Eyv)