Di Perbatasan RI-PNG, Ratusan Botol Miras Dimusnahkan

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Jumat, 2 September 2016 | 11:11 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 423


Merauke, InfoPublik - Ratusan botol Minuman Keras (Miras) lokal jenis sopi dimusnahkan di Halaman Polsek Sota, Sabtu (27/8). Pemusnahan barang bukti hasil operasi sejak Bulan Januari 2016 di wilayah Distrik Sota tersebut, dihadiri Kapolres Merauke, AKBP Taufik Irpan Awalluddin,SH, Unsur Tripika Distrik Sota, FKPM serta para tokoh di wilayah Distrik Sota.

Kapolsek Sota, IPTU Ma’ruf Suroto, menjelaskan operasi selama ini masih fokus di Kampung Sota sebagai ibu kota distrik. Sedangkan kampung-kampung yang lain seperti Yanggandur dan Rawa Biru, tetap dilakukan pemantauan dan dari hasil pemantauan belum ditemukan peredaran Miras ke kampung tersebut.

“Kalau ke arah ke Boven Digoel, kami bersama Koramil sering lakukan kegiatan (sweeping Miras,”ungkapnya kepada wartawan di kediamannya usai acara pemusnahan barang bukti Miras.

Menurut Kapolsek, Miras yang dimusnahkan kurang lebih sebanyak tiga ratus botol air mineral ukuran 600 Ml, 2 jerigen ukuran lima liter dan anak rusa yang dimasukan ke dalam toples. “Itu ada yang mau dibawa ke PNG. Saya sendiri yang langsung tangkap tangan,”terang Kapolsek.

Miras lokal yang berhasil diamankan itu, kata Kapolsek, semuanya berasal dari Kota Merauke. Bahkan, ada juga yang minumnya di kota Merauke dan mabuknya di Sota. Kalau untuk di Sota sendiri, produksi Miras lokal hingga saat ini belum ada. Sementara ini, memang yang berhasil diamankan adalah Miras lokal, sedangkan Miras pabrikan belum ditemukan.

“(Yang jelas,red) kalau sampai ketahuan, apapun jenisnya Miras tetap akan kita ditindak,”tegas Kapolsek.Dalam kesempatan itu, Kapolsek menghimbau kepada masyarakat khususnya di wilayah Distrik Sota untuk bisa menghindari yang namanya Miras dan Narkoba. Selain mengganggu kesehatan, Miras juga bisa memicu berbagai tindak kriminalitas yang akhirnya bisa mengganggu Kamtibmas.

“Ini (Miras dan Narkoba) sangat menganggu dan berdampak buruk bagi kesehatan. Jangan dekati Miras dan Narkoba, kalau kita mau hidup sehat,”tukas Kapolsek. Symd/McMrk/Abd/Eyv)