Kodim 0304 Kabupaten Agam Akan Mencetak 59 Hektare Sawah Baru

:


Oleh MC Kab Agam, Jumat, 2 September 2016 | 08:57 WIB - Redaktur: Tobari - 282


Agam, InfoPublik – Aparat TNI dari Kodim 0304 Kabupaten Agam kini tengah mencetak seluas 40 hektare sawah baru, dan berdasarkan data dari Dinas Pertanian setempat tercatat sebanyak 59 hektare sawah yang akan dicetak di seluruh wilayah Kabupaten Agam.

Untuk kesekian kalinya, aparat TNI dari Kodim 0304 melakukan kerja bakti sosial di daerah itu. Kali ini kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mensukseskan program pemerintah pusat, yakni terkait swasembada dan ketahanan pangan yang dilakukan di Jorong Muaro Putuih Nagari Tiku V Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara.

Sekretaris Camat Tanjung Mutiara, Zulheri, Rabu (31/8), mengatakan, nantinya setelah selesai dicetak, lahan yang terdiri dari tanah ulayat, dan tanah pribadi ini akan diserahkan kembali pengelolaannya kepada pemilik lahan, seperti ke kelompok tani, kaum adat atau masyarakat individu.

“Satgas dari TNI dan Kementerian Pertanian, hanya memberi fasilitas untuk pembuatan sawah,” katanya. 

Menurutnya, program yang dilaksanakan TNI bersama dengan masyarakat dan kelompok tani setempat ini, sudah dilaksanakan selama tiga bulan dan ditargetkan selesai pertengahan Septembar 2016. "Hingga saat ini pelaksanaannya sudah 90% rampung. Ditargetkan, pertengahan September ini selesai," jelasnya.

Zulheri menambahkan, kegiatan ini juga disambut baik oleh pemerintah daerah. Bupati bersama jajaran instansi terkait kemarin mengunjungi lokasi kerja bakti sosial tersebut, dalam rangka memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada TNI.

“Dan diharapkan nantinya, lahan sawah ini nantinya benar-benar bisa bermanfaat sebagai meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat," katanya. (MC Agam/toeb)