Pemkot Pekalongan Gelar Pameran Inovasi dan Kreativitas

:


Oleh MC Kota Pekalongan, Jumat, 2 September 2016 | 08:30 WIB - Redaktur: Kusnadi - 866


Pekalongan, InfoPublik – Guna memperingati Hari Tekhnologi Nasional (Harteknas), Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan menggelar Pameran Inovasi dan Kreativitas  di Kompleks GOR Jetayu, Kamis (1/9) sampai dengan Minggu (4/9). Puluhan stand dari berbagai lembaga, kantor dan perusahaan mengikuti acara tersebut.

Acara ini dibuka oleh Dirjen Penguatan Inovasi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Dikti) Jumain Appe. Hadir juga dalam acara ini Walikota Pekalongan HA Alf Arslan Djunaid, kapolres Pekalongan Kota AKBP Enriko Silalahi Sugiharto, Rektor Unikal Suryani dan sejumlah pejabat lainya .

Saat membuka acara ini Dirjen  Penguatan Inovasi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Dikti) Jumain Appe menegaskan inovasi dan kreativitas warga adalah syarat penting bagi kemajuan sebuah Negara di era yang sudah serba maju ini. “Tanpa kreativitas an inovasi maka kita akan semakin jauh tertinggal,” tegasnya.

Karenanya dia berharap agar kreativitas dan inovasi yang sudah ada terus dikembangkan agar Indonesia tidak semakin ketinggalan.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ( Balitbang) Provinsi Jateng Tegoeh Wynarno Haroeno saat membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah juga mengharapkan,  acara pameran inovasi dan kreativitas ini bisa terus dikembangkan. Dia menunjuk peringatan Harteknas ke-21 yang digelar di Solo bulan Agustus lalu. Ini adalah pertama kalinya peringatan Hakteknas dilakukan di Kota Solo.

Kota Solo dipilih karena Kemristekdikti ditugaskan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mengelola 9 Science Techno Park (STP) di Indonesia, dan salah satu STP terletak di kota Solo. “Dari 9 STP yang kami kelola, STP Solo termasuk salah satu STP yang terbaik. Ujarnya.

Karenanya dia berharap agar Pameran Inovasi dan Kreativitas di Kota Pekalongan bisa menghasilkan karya-karya yang berguna bagi pembangunan Indonesia kedepan.

Sebelum Pameran ini dibuka secara resmi, diadakan uji coba naik kapal paralon dan penandatanganan sejumlah kerja sama. Di antaranya  antara Pemkot Pekalongan dengan seluruh perguruan tinggi di Kota Pekalongan. Kemudian antara Balai Teknologi Polomir BPPT RI dengan DPU Kota Pekalongan dan lain-lainya.  (MC/Diskominfo/AN Takari/Kus)