Parkir Meter Mulai Diberlakukan Di Kota Padang

:


Oleh MC Kota Padang, Kamis, 1 September 2016 | 18:28 WIB - Redaktur: Tobari - 459


Padang, InfoPublik - Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, Kota Sungai terbaik juga sedang merencanakan penerapan parkir meter seperti yang mulai diberlakukan  di Kota Padang.

Memberlakukan sistem parkir meter atau smart parking system  1 September 2016, untuk menata perparkiran dan   meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD), mendukung pelaksanaan pengelolaan parkir menggunakan parkir meter.

Setelah itu, untuk memudahkan masyarakat pengguna kendaraan untuk parkir, penataan dan pengaturan perparkiran serta bisa berekerjasama  dengan pihak swasta menjalankan pengelolaan parkir dengan teknologi parkir meter. Ia mengaku sependapat dengan Walikota Padang H. Mahyeldi  bekerjasama dengan pihak swata.

Ia berterimakasih bisa hadir pada pelaksanaan lounching parking meter di Kota Padang, jadi bisa melihat langsung. Ia juga telah bertanya pada Walikota Mahyeldi, berapa banyak menghabiskan  dana dari APBD atau APBN  untuk menerapkan sistem parkir meter ini.  

“Lalu  pak Walikota Padang H. Mahyeldi menjawab, tidak ada sepersenpun menggunakan dana dari APBD maupun APBN, murni semua dari pihak swasta, PT. Mata, " ucap Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menirukan kembali.

Kalau begitu, Pemkot Banjarmasin juga mau seperti  Kota Padang, dan tak perlu lagi berlama-lama dalam perencanaannya. Kalau boleh, copy paste saja konsep Kota Padang agar diterapkan pula di Kota Banjarmasin dengan secepatnya, kata Walikota Ibnu Sina.

Sedangkan Ketua DPRD Kota Padang H. Erisman mengatakan, dengan menerapkan sistem parkir meter  masyarakat  pengguna kendaraan bisa terbantu dan terlayani dengan baik. Dan akan memberikan pengertian kepada mereka. Di Kota Padang  penerapan parkir meter pada tiga lokasi, Jalan Niaga, Pondok, dan Jalan Permindo.

 Setelah itu, Direktur PT. Mata juga menyampaikan, sebelumnya  telah melakukan penilai terhadap 10 kota di Indonesia, di antaranya Kota Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, termasuk Kota Padang.

Namun, Pemkot Padang terlebih dahulu merespon terhadap penggunaan parkir meter, itulah sebabnya memilih kota Padang menerapakan parkir meter. Dan kota-kota lainnya, masih berminat dengan secepatnya. (MC padang/ Irwandi Rais/toeb)