Singkawang Raih Penghargaan Pengembangan SDM Transportasi

:


Oleh MC Kota Singkawang, Kamis, 1 September 2016 | 14:08 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 556


Singkawang, InfoPublik  - Sekolah Tinggi Transportasi Darat Kementerian Perhubungan RI memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Walikota Singkawang, Awang Ishak yang dinilai telah berperan aktif dan berhasil dalam mengembangkan sumber daya manusia transportasi melalui pola kerjasama ikatan dinas pembibitan putra-putri daerah dalam seleksi penerimaan taruna STTD tahun 2016.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua STTD, Zulmafendi yang bertepatan dengan pelaksanaan wisuda program studi D.IV transportasi darat, D.III LLAJ, D.III Perkeretapian dan D.III LLASDP di Gedung Auditorium Giri S. Hadihardjoni di STTD Bekasi, Kamis  (1/9).

Ketua STTD, Zulmafendi mengatakan saat ini sekolah tinggi transportasi darat tidak hanya melakukan kerjasama pengembangan sumber daya manusia bersama pemerintah daerah, tetapi juga telah bermitra bersama BUMN maupun BUMS.

"Sekarang ini kami telah mewisuda sebanyak 217 mahasiswa, ada 21 lulusan di antaranya telah diterima di PT. Kereta api Indonesia,” kata Zul

Zulmafendi berharap lulusan STTD ini nantinya dapat menjadi insan perhubungan yang profesional dalam mewujudkan transportasi nasional yang handal dan membanggakan.

Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan RI, Wahyu S. Utomo dalam orasi ilmiahnya mengatakan kepuasan masyarakat sebagai pengguna transportasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia perhubungan. Pembangunan transportasi yang merupakan bagian dari pembangunan nasional hanya akan dapat berlangsung dengan baik, apabila secara simultan juga dilakukan penguatan pendidikan dan pelatihan bagi seluruh SDM yang melaksanakan kegiatan di bidang transportasi.

“Melalui pendidikan dan pelatihan diharapkan tertanam sikap, nilai, pengetahuan, keterampilan/kompetensi dan motivasi yang tinggi dalam upaya mewujudkan transportasi Nasional yang handal" harap wahyu.

Walikota Singkawang, Awang Ishak menyambut baik dengan adanya program pola pembibitan ini. Awang mengatakan pemkot singkawang sudah melakukan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

Kota Singkawang merupakan satu satunya dari Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat yang kerjasama dengan STTD Kementerian Perhubungan RI dengan pola pembibitan dan terpilih sebagai tempat seleksi penerimaan calon taruna (Sipencatar) STTD, STIP, STPI tahun 2016 untuk Kalimantan Barat.

Awang berharap lulusan dari pola pembibitan ini nantinya mengabdi di Pemerintah Kota Singkawang. Awang berencana kedepan akan diprogramkan juga bea siswa untuk lulusan SMA yang kurang mampu dan memiliki prestasi agar bisa melanjutkan ke Sekolah Tinggi Transportasi Darat. (MC.Singkawang/Kom/Put/Eyv)