Pemkab PPU Siapkan Aplikasi E-Reporting

:


Oleh DISHUBBUDPARKOMINFO KAB.PENAJAM PASER UTARA, Rabu, 31 Agustus 2016 | 09:14 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 760


Penajam, InfoPublik - Aplikasi e-Reporting Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang dikelola Pemkab Penajam Paser Utara (PPU), mulai digunakan di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).  

Terkait hal itu, Bagian Pembangunan dan LPSE Setkab PPU terus melakukan sosialisasi dan pendampingan pengisian aplikasi e-Reporting. Tujuannya, agar proses pengisian serapan anggaran bisa terintegrasi secara online.

“Aplikasi e-Reporting memudahkan proses pengendalian pembangunan dan penyerapan anggaran dari setiap OPD. Diharapkan, akan terintegrasi dengan aplikasi lain,” ucap Kasubbag Pengendalian Pembangunan, Setkab PPU Nicko Herlambang, belum lama ini.

Sebelumnya, realisasi fisik dan laporan keuangan di seluruh OPD, dikumpulkan setiap triwulan ke bagian pembangunan, serta dilakukan secara manual. Mulai tahun ini, akan berubah melalui aplikasi berbasis online.

Pada aplikasi tersebut, sama seperti yang tertuang dalam APBD. Diharapkan, para penanggung jawab akan mengisi realisasi fisik dan keuangan setiap bulan.  “Nantinya ada format cetak yang telah disediakan. Setelah mengisi, bisa langsung dicetak,” tambahnya.

“Hingga kini, progres program ini telah mencapai lebih dari 7O persen. Kami berharap tidak terlalu lama, dapat selesai 100 persen,” imbuhnya. (MC PPU/HELENA/EYV)