BPKP Review Realisasi Pembangunan Infrastruktur KEK Sorong

:


Oleh MC Kabupaten Sorong, Selasa, 30 Agustus 2016 | 20:39 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sorong, InfoPublik -  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Papua Barat berkunjung ke Kabupaten Sorong untuk me-review realisasi pembangunan infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  Sorong.

Pembangunan Kawasan Ekonomi khusus Sorong merupakan salah satu program nasional dalam usaha percepatan pembangunan perekonomian Indonesia, dimana lokasi KEK Sorong sudah diajukan ke pemerintah pusat, dan disetujui Presiden Joko Widodo.

Namun, proses pembangunan berkelanjutan dimaksud harus dimonitoring dengan maksud agar setiap pembangunannya berjalan sesuai dengan perencanaan.

Sehubungan dengan hal itu BPKP Perwakilan Papua Barat yang ditugasi kementrian teknis terkait berkewajiban melakukan review proyek pembangunan infrastruktur pada KEK dimaksud.

Kepala BPKP Perwakilan Papua Barat Ignatius Sugiharto mengatakan, pihaknya  perlu melakukan pengecekan atas kegiatan yang telah terealisasi di KEK Sorong, termasuk mengetahui status tanah yang sudah dilepaskan dari keseluruhan tanah yang diprasyaratkan.

“Dengan harapan proses berkelanjutan dimaksud dapat dilakukan langkah-langkah strategis mendorong percepatan pembangunan Infrastruktur di dalamnya,” jelas Sugiharto di Aimas, saa rapat bersama dengan sejumlah instansi teknis terkait, Senin (29/8).

Sementara itu, Asisten II Setda Kabupaten Sorong Ir. Muhammad Nur Said,M.Si, mengatakan Pemda setempat  merasa berkepentingan dengan hadirnya KEK Sorong, tapi yang perlu diketahui sebelum KEK diluncurkan. Pihaknya telah terlebih dahulu menyiapkan segala sesuatunya berkenaan dengan pembangunan kawasan Industri di kawasan tersebut, dan barulah ditindaklanjuti dengan hadirnya KEK Sorong.

Oleh sebab itu,  diharapkan pemerintah pusat mempercepat dan mendorong agar KEK Sorong segera terwujud, karena mempunyai dampak strategis dan penting bagi masyarakat, katanya.

Kegiatan review tata kelola Proyek Strategis Nasional (PSN) pada proyek percepatan infrastruktur KEK Sorong triwulan III tahun 2016 berlangsung dengan respons yang begitu bagus dari semua pimpinan SKPD teknis terkait, dengan harapan pekerjaan pada KEK dimaksud segera ditindaklanjuti. (MC.Sorong/rim/toeb)