Bupati Banjar Kembangkan Pasar Rakyat

:


Oleh MC Banjar, Selasa, 30 Agustus 2016 | 10:00 WIB - Redaktur: Kusnadi - 411


Martapura, InfoPublik – Sehubungan dengan Program Pemerintah Kabupaten Banjar yang akan mengembangkan pasar rakyat dan terkait dengan kebijakan pemerintah untuk lebih menata dan mengembangkan pasar, Bupati Banjar H Khalilurrahman, Kepala Bappeda Kabupaten Banjar. M.Rusdi beserta rombongan dan beberapa instansi terkait melakukan kunjungan kerja studi perencanaan dalam rangka Penyusunan Masterplan Penataan dan Pengembangan Pasar di Kabupaten Banjar 2016-2020 ke PD. Pasar Jaya (Pasar Cibibur), Jakarta Timur, Kamis (25/8). Kunjungan tersebut disambut baik oleh Kepala Pasar PD Pasar Jaya Cibubur beserta jajaran.

Dalam sambutannya Bupati Banjar H Khalilurrahman mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kesediaan dan sambutan hangat dari Kepala Pasar PD Pasar Jaya Cibubur Misan Supriyanto beserta jajaran. Kunjungan kerja ini, sebagai salah satu cara Pemkab Banjar  mendorong penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) pasar rakyat di Kabupaten Banjar yang berdaya saing dan kompetitif.

“Kunjungan ini juga untuk mencari informasi secara langsung tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam perencanaan penyusunan Masterplan penataan dan Pengembangan Pasar Rakyat sehingga penataan dan pengembangan Pasar di Kabupaten Banjar lebih baik,” Bupati Banjar menambahkan.

Pasar rakyat di Kabupaten Banjar dinilai H Khalilurrahman perlu mendapatkan perhatian dan layak  dikembangkan. Sebab, jumlah pedagangnya terus bertambah, pengunjung pasar sebagian besar bahkan berasal dari luar kabupaten.

Keberadaan dan letak pasar rakyat juga cukup strategis dan berpotensi berkembang menjadi besar. Selain itu pasar di Kabupaten Banjar memiliki lahan yang cukup luas dan memungkinkan didirikan bangunan permanen, sehingga pedagang dan pengunjung pasar dapat lebih nyaman melakukan aktifitas jual belinya.

“Program pengembangan pasar rakyat ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat terutama yang tinggal di desa. Karena pasar merupakan salah satu pusat ekonomi yang perlu mendapat perhatian serius,” harap Bupati Banjar.

Misan Supriyanto mengatakan pihaknya mengembangkan pasar rakyat atau pasar tradisional menjadi lebih modern, bersih, nyaman, aman dan berwawasan lingkungan.

Pengelola pasar sebagai penggerak perekonomian daerah tentunya perlu melakukan tugas pokok seperti pemeliharaan dan perawatan sarana pasar, bantuan terhadap ketersediaan dan kelancaran distribusi barang dan jasa maupun pengendalian keamanan dan ketertiban dalam area pasar. Pembinaan kepada pedagang pasar juga sangat diperlukan, salah satunya memberikan hak atau prioritas kepada pedagang lama untuk memperoleh tempat usaha yang baru hasil pembangunan.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Banjar H Khalilurrahman memberikan cinderamata yang diserahkan langsung kepada Kepala PD Pasar Jaya Cibubur. (Hum/Welson/Mcbanjar/zay/Kus)