Bupati Ajak Wartawan Jaga Kondusivitas Kabupaten Sidoarjo

:


Oleh MC Kabupaten Sidoarjo, Senin, 29 Agustus 2016 | 12:10 WIB - Redaktur: Tobari - 277


Sidoarjo, InfoPublik - Seluruh wartawan yang bertugas di Kabupaten Sidoarjo diharapkan dapat ikut memelihara kondusivitas yang telah terjaga di Kabupaten Sidoarjo. Melalui pemberitaan yang dibuat, diharapkan dapat membangun pesan-pesan komunikasi yang positif di tengah masyarakat.

Hal tersebut adalah pesan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum yang sampaikan oleh Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sidoarjo H. Machmudi Alie SH kepada para wartawan Sidoarjo, dalam kegiatan Optimalisasi Peran Pers Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo, Jum’at (26/8).

Ada 50 wartawan dari berbagai organisasi profesi wartawan yang diundang dalam kegiatan yang di laksanakan di Hotel Inna Tretes Prigen, Pasuruan tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Humas dan Protokol Setdakab. Sidoarjo dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 26-27 Agustus.

Selama pelaksanaanya, dua nara sumber dihadirkan. Pertama disampaikan oleh Drs. Zainal Arifin Emka, Dosen Stikosa Surabaya dan yang kedua oleh Drs. H. Akhmad Munir, Ketua PWI Jawa Timur.  

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sidoarjo H. Machmudi Alie yang mewakili bupati Sidoarjo mengatakan media massa dengan produk informasinya sangat dibutuhkan dalam upaya membantu meredam setiap permasalahan sosial.

Dengan demikian akan terpelihara suasana kehidupan yang rukun, damai, aman dan nyaman. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan insan pers diharapkan dapat bekerja sama dan bermitra guna memelihara kondusivitas sesuai kapasitas masing-masing. 

“Melihat peran insan pers yang sangat penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo ini, saya mengajak rekan-rekan wartawan bersama-sama membangun pesan-pesan komunikasi yang positif di tengah masyarakat,” pesannya. 

H. Machmudi Alie juga berharap keberadaan organisasi profesi wartawan di Kabupaten Sidoarjo seyogianya dapat membantu penyebaran informasi kepada masyarakat. Melalui organisasi profesi tersebut diharapkan bisa membantu meningkatkan intelektual sumber daya manusia (SDM) yang menjadi modal utama.

Dengan begitu, insan pers lebih fokus pada profesinya dalam menyebarkan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat. Untuk  itu, para insan pers tidak perlu ragu-ragu dalam menjalankan tugas dan profesinya, asalkan pada koridor yang benar dan tetap berpegang pada kode etik jurnalistik.  

“Saya menghormati kebebasan saudara-saudara dalam menjalankan tugas, namun saya yakin, saudara-saudara semua adalah warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya. Karena itu, saya percaya saudara-saudara akan menjalankan tugas dan profesinya dengan penuh rasa tanggung jawab,”ucapnya.

Diakhir membacakan sambutan bupati Sidoarjo, ia mengucapkan terima kasihnya kepada para insan pers atas kerjasamanya selama ini dalam membangun Kabupaten Sidoarjo.

Ia berharap hubungan silaturahmi seperti ini tidak berhenti sampai disini. Dengan begitu akan mempererat hubungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan para insan pers Sidoarjo. (humas/git/toeb)